Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Apakah City Walk Kudus Bakal Seperti Malioboro? Ternyata Begini Konsepnya

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tengah membangun city walk di sepanjang Jalan Sunan Kudus. Muncul harapan jika nantinya city walk yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp 14,3 miliar ini setidaknya mirip dengan yang ada di Malioboro, Yogyakarta.

City Walk Sunan Kudus yang kini tengah dibangun itu diklaim mengusung konsep jalur pedestrian yang ramah bagi pejalan kaki dan disabilitas.

Kasi Tata Bangunan Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Muhammad Riza mengatakan, jika city walk di Kudus belum bisa jika dibandingkan dengan city walk di Malioboro.

“Kalau berharap seperti city walk di Malioboro saya rasa belum. Kalau di Malioboro itu sentra pertokoannya dari dulu memang sudah tertata rapi. Kalau city walk di Kudus itu perencanaannya hanya untuk pejalan kaki dan malamnya untuk PKL,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Meski demikian menurut dia, nantinya di sepanjang city walk terdapat fasilitas yang mengangkat kearifan lokal Kudus. Hal itu dipilih lantaran letak city walk yang melintasi bangunan bersejarah Rumah Kembar Niti Semito. “Di city walk-nya nanti ada gebyog, joglo-joglo, tempat duduk, dan jalur disabilitas,” jelasnya.

Selain itu, di sepanjang city walk juga bakal dihias dengan pohon tabebuya dengan empat warna. Yakni pink, kuning, putih, dan merah.

Setelah jadi, city walk di siang hari dapat memanjakan pejalan kaki. Malam harinya masyarakat Kudus disajikan deretan suguhan kuliner di sepanjang Jalan Sunan Kudus.

Untuk kantong parkir di sepanjang city walk, di pagi hari masyarakat dapat parkir di sisi sebelah selatan dan utara. Sedangkan malam harinya, karena sisi utara digunakan PKL untuk berjualan, masyarakat dapat parkir di sisi sebelah selatan.

Seperti diketahui, city walk di Kudus nantinya memiliki panjang 562 meter mulai dari Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus sampai ke Sungai Gelis. Untuk lantainya akan menggunakan granit berukuran 30×30 sentimeter dengan ketebalan dua sentimeter.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...