Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sudah Ada Empat Ibu Hamil di Kudus Meninggal dengan Status Positif Corona

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus mencatat, selama pandemi ada sebanyak empat kematian ibu hamil yang meninggal dengan status positif corona. Tiga di antaranya meninggal masih dalam keadaan mengandung dan satu usai melahirkan.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi pada DKK Kudus Muslimah mengatakan, para ibu hamil yang meninggal dengan status positif corona sendiri, memiliki penyakit penyerta. Mulai dari jantung hingga hipertensi atau darah tinggi.

“Ada empat memang, semua meninggal dengan penyakit penyerta,” kata dia, Selasa (6/10/2020).

Oleh karena itu, peran serta keluarga sangat dibutuhkan untuk mencegah penularan virus tersebut. Terutama dalam penerapan 3M atau memakai masker, mencuci tangan,  dan menjaga jarak.

“Peran serta keluarga tentu jadi yang paling penting,” ujarnya.

Para ibu hamil, lanjut dia, juga diminta untuk menjalankan isolasi mandiri setidaknya sebulan sebelum melakukan proses persalinan. Dengan tujuan untuk mengurangi interaksi dengan orang asing.

“Orang asing bisa saja membawa virus corona,” terangnya.

Kemudian, para ibu hamil juga diharapkan bisa mengikuti senam hamil atau membaca buku-buku tentang merawat kehamilan. Sehingga bisa mengetahui perawaatan yang pas bagi ibu dan si jabang bayi.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, sampai saat ini kasus aktif pasien positif corona di Kudus mencapai 221 orang.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, ada sebanyak 49 pasien yang dirawat. Sementara sisanya, 172 orang menjalani isolasi mandiri.

“Sementara untuk pasien sembuh ada sebanyak 1203 orang dan pasien meninggal sebanyak 203 orang. Untuk kasus secara keseluruhan, ada sebanyak 1628 pasien,”
jelas dia.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...