Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bantu Tangani Dampak Pandemi, Demokrat Pati Sumbang Gerobak untuk UMKM

MURIANEWS, Pati – Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selama ini memang sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Bahkan sebagian dari mereka ada yang harus gulung tikar lantaran tidak cukup modal. Ada juga yang rela menjual gerobak jualannya untuk menghidupi kebutuhan rumah tangga.

Prihatin dengan kondisi itu, Demokrat Pati pun berusaha keras untuk membantu para pelaku UMKM tersebut. Ada sepuluh pedagang yang nendapatkan bantuan gerobak agar mereka kembali berjualan. Selain itu, mereka juga diberikan modal usaha.

Ketua DPC Partai Demokrat Pati Joni Kurnianto mengatakan, kondisi ini memang membutuhkan ikhtiar bersama. Dengan begitu ekonomi masyarakat tetap jalan meksipun di tengah situasi Covid-19.

“Bagi kami, pemberian gerobak dan modal usaha ini adalah ide yang bagus. Karena mereka (pedagang) bisa mwndapatkan untung dari hasil jualan nantinya,” kata Joni, Senin (5/10/2020).

Menurutnya, bantuan tersebut adalah baru tahap pertama. Sehingga nantinya juga ada tahap selanjutnya dengan sasaran UMKM yang berbeda. Dalam artian, bantuan bisa lebih merata dan dapat meringankan beban pelaku usaha kecil.

Untuk tahap pertama, bantuan gerobak diberikan kepada penjual bakso, BBM eceran, warung kopi, warung mie ayam, angkringan nasi kucing, waring makan dan lain-lain. Sementara penjualnya sendiri berada di Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati.

“Nanti ada tahap berikitnya. Karena tujuan kami adalah meringankan beban pelaku usaha kecil yang terdampak Covid-19,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga turut membantu mendaftarkan UMKM yang mendapatkan bantuan tersebut ke Dinas Koperasi dan UMKM. Dengan harapan, nantinya mereka benar-benar terdaftar pada instansi tersebut.

“Dalam proses pendaftaran ini kami kawal, sehingga nanti apa bila demokrat ada bantuan, yang kami perioritaskan adalah UMKM binaan ini,” tutupnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...