Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

E-Learning Sunan, Sistem Kuliah Daring yang Dikembangkan UMK Sejak Sepuluh Tahun Lalu

MURIANEWS, Kudus – Pandemi membuat sektor pendidikan melakukan pembelajaran dengan sistem jarak jauh. Menghadapi kondisi tersebut, Universitas Muria Kudus (UMK) memanfaatkan sistem informasi e-Learning Sunan sebagai sarananya.

Sistem ini telah dikembangkan UMK sejak 10 tahun terakhir. Sebelum ada pandemi, kuliah tatap muka di UMK memiliki porsi maksimal 75 persen.

Namun, dimasa pandemi ini tatap muka dan tatap maya sebanyak 30 persen, sedangkan untuk daring sebanyak 70 persen.

Rektor UMK Dr Suparnyo mengatakan pembelajaran melalui sistem e -Learning Sunan sebenarnya telah berjalan sejak lama. Namun, saat itu pembelajaran melalui daring belum maksimal dengan batasan sekitar 10 hingga 25 persen.

“Di masa pandemi ini mengharuskan kami untuk lebih mengembangkan aplikasi tersebut. Jadi mahasiswa bisa melakukan perkuliahan setiap saat tidak hanya satu kali,” katanya.

Materi atau pembelajaran yang diberikan dosen, bisa langsung melalui Sunan dan bisa juga dengan melibatkan pihak ketiga, yakni berupa link yang telah tercantum. Perkuliahan tatap muka dan tatap maya bisa diimplementasikan dalam aplikasi tersebut.

” Sunan sendiri menjadi salah satu kunci sukses UMK dalam proses perkuliahan daring di masa pandemi,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Promosi UMK periode 2020-2021  Masruki Kabib menyampaikan, semua upaya dilakukan oleh UMK guna menjaga kualitas pembelajaran. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Untuk membantu mahasiswa mengakses data perkuliahan, UMK juga telah menyiapkan helpdesk guna memfasilitasi  kebutuhan mahasiswanya.

Selain e-Learning, UMK juga memiliki e-Library sejak 2012 lalu. Dan sudah terkoneksi dengan e-Book dan e-Journal yang bisa diakses oleh mahasiwa tanpa berbayar.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...