Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sepekan, di Jepara Ada 106 Kasus Baru Covid

MURIANEWS, Jepara – Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Jepara meningkat dalam sepekan terakhir. Satgas Penanganan Covid-19  Jepara menyampaikan ada tambahan  kasus baru sebanyak 106.

Kasus-kasus terkonfirmasi positif covid ini melibatkan 102 orang warga Jepara dan  4 orang warga dari daerah lain yang kebetulan dirawat di Jepara.

Sehingga dengan demikian sampai Minggu (4/10/2020), di wilayah Kabupaten Jepara sudah ada 1.822 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus terkonfirmasi positif covid ini melibatkan 1.744 orang warga Jepara dan sisanya sebanyak 78 orang merupakan warga dari luar Jepara.

Dari jumlah kasus tersebut sebanyak 250 orang hingga saat ini masih dalam penanganan 1.350 dinyatakan sembuh dan 144 orang diketahui meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Muh Ali menyatakan, peningkatan jumlah yang terjadi di wilayah Kabupaten Jepara disebutkan karena memang ada peningkatan kegiatan swab.

View this post on Instagram

Ibu adalah sosok yang dihormati semua orang. #IngatPesanIbu sebagai key message. Jika kita tidak menerapkan protokol kesehatan, kita bisa kehilangan ibu kita. Maka ingatlah selalu pesan ibu, yaitu 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan, Mencuci Tangan dengan Sabun). Bila abai, bisa membahayakan diri sendiri dan keluarga. Jangan sampai menyesal tidak mendengarkan pesan ibu. Bisa jadi ibumu sendiri menjadi korban kelalaian kita. #indonesia #jawatengah #murianews #murianewscom #berita #news #foto #jurnalis #wartawan #instagram #instagood #instapic #indonesiahits #indonesianews #kabarnasional #indonesiaupdate #kabarindonesia #infonasional #infoindonesia #negaraindonesia #viral #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Di beberapa lembaga sekolah dalam sepekan lalu dilakukan kegiatan pemeriksaan swab massal berkaitan dengan tindak lanjut penanganan kasus yang terjadi. Sehingga didapatkan kenaikan angka kasus cukup signifikan dalam sepekan terakhir.

Muh Ali menyebutkan, pada 30 September 2020, pihaknya menerima hasil pemeriksaan i terhadap 807 sample. Dari jumlah sample tersebut pihaknya menerima laporan adanya 65 kasus baru terkonfirmasi positif covid.

Kemudian pada 1 Oktober 2020, pihaknya kembali menerima hasil pemeriksaan lab terhadap 246 sample swab. Hasil pemeriksaan swab yang diteri menyebutkan ada 18 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Memang angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jepara mengalami kenaikan signifikan. Hal ini sudah kami prediksikan sebelumnya dan sudah kami sampaikan kemungkinan ini. Pada 2 Oktober, angka kasusnya masih banyak. Dari hasil lab yang kami terima pada tanggal itu jumlah kasusnya mencapai 22 kasus baru,” ujar Muh Ali, Minggu (4/10/202020).

Jumlah kasus kemudian diketahui menurun pada hasil laboratorium yang diterima pihaknya pada Sabtu (3/10/2020).

Pada kesempatan paling akhir sejauh yang sudah diterima oleh Satgas Covid-19 Jepara, hasil laboratorium menyebutkan hanya ada satu tambahan kasus baru. Hasil ini dinilai cukup melegakan karena berasal dari 129 sample swab yang diperiksa.

Satgas Covid-19 Jepara sendiri menurut Muh Ali masih akan terus melakukan upaya penanganan Covid-19. Terakhir, Bupati Jepara memastikan memperpanjang masa tanggap darurat yang diberlakukan di Jepara sampai akhir Oktober 2020 ini.

Masa tanggap darurat yang sebelumnya ditetapkan sampai akhir September 2020 akhirnya diperpanjang selama 1 bulan.

“Kami berharap, masalah penerapan protokol kesehatan bisa benar-benar bisa diterapkan oleh masyarakat. Sehingga kasus-kasus baru Covid-19 bisa ditekan jumlahnya. Penerapan protokol kesehatan di masyarakat juga akan didorong terus dengan upaya-upaya penegakan hukum, dan edukasi pada masyarakat,”  kata Muh Ali menambahkan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...