Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasar Krempyeng, Cara Tumpangkrasak Kudus Geliatkan Ekonomi dan Kampanye 3M

MURIANEWS, Kudus –  Pemerintah Desa (Pemdes) Tumpangkrasak, Kabupaten Kudus berupaya menggeliatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid–19 dengan menghadirkan Pasar Krempyeng di desanya, Minggu (4/10/2020).

Pasar tersebut sebagai wadah bagi warga desa untuk berjualan di tiap akhir pekan. Dalam pelaksanaanya, protokol kesehatan diterapkan secara ketat,

Pasar Krempyeng juga memudahkan Pemdes Tumpangkrasak bersama Karang Taruna Tunas Mandiri serta TNI-Polri dalam mengkampanyekan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid -19.

Kepala Desa Tumpangkrasak Sarjoko mengatakan, Pasar Krempyeng beroperasi mulai Minggu hari ini. Tujuannya untuk menggeliatkan kembali usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desanya di tengah masa pandemi.

“Pasar Krempyeng buka setiap Minggu mulai jam 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Saat ini tercatat sudah ada 65 pedagang yang berjualan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga membagikan seratus face shield dan 200 masker kepada para pedagang dan beberapa pengunjung. Banner imbauan wajib bermasker dan menerapkan protokol kesehatan juga terpasang di beberapa titik di pasar tersebut.

“Pembukaan ini kami kemas dalam mengkampanyekan 3M dengan membagikan masker dan face shield. Kami selalu mengingatkan kepada para pedagang dan pengunjung untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ucapnya.

Ketua Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Tumpangkrasak Moch Sapuan menyatakan, pihaknya akan menjadi pionir dalam mengkampanyekan gerakan 3M di Pasar Krempyeng. Selain membangkitkan perekonomian, protokol kesehatan juga harus tetap berjalan.

“Protokol kesehatan seperti halnya memakai masker itu sangat penting sekali di masa pandemi seperti ini. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sebagai langkah penting untuk memutus Covid -19,” tandasnya.

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...