Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Targetnya 174,8 Miliar, Hasil Pajak Bermotor di Kudus Baru Capai 65 Persen

MURIANEWS, Kudus – Realisasi pajak kendaraan bermotor (PKB) di Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Kudus kini baru tercapai sekitar 65 persen dari target yang harus dicapai sebesar Rp 174,8 miliar.

Staf Bidang Pajak UPPD Samsat Kudus Muhammad Zakki mengatakan, realisasi target bulan Januari hingga September 2020 baru sebesar Rp 108,171 miliar. Menurutnya, dampak pandemi cukup berpengaruh.

“Karena pandemi kemampuan masyarakat untuk membayar pajak memang agak berkurang. Tapi di Kudus sendiri alhamdulillah tingkat kesadaranya untuk membayar pajak masih cukup bagus, jika dibandingkan daerah lain di Jawa Tengah,” katanya, Sabtu (3/10/2020).

Menurutnya, meski sempat menurun tren pencapaian pada bulan September 2020 ini sudah agak meningkat yakni sebesar Rp 12,490 miliar. Dan hasilnya hampir sama dengan pencapaian pada bulan September 2019 yakni sebesar 12.580 miliar.

“Jika dibandingkan bulan September tahun lalu, hanya selisih sekitar dua persen,” ucapnya.

Sementara untuk penerimaan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) hingga bulan September 2020 ini mencapai Rp 73 miliar atau sekitar 60 persen dari target yang harus tercapai sebesar Rp 123,762 miliar.

Menurutnya, karena masa pandemi, target saat ini akan diturunkan pada pertengahan Oktober besok. Namun, pihaknya belum bisa menyebutkan secara pasti berapa nominal penurunanya, karena masih sedang dalam proses.

“Setelah target perubahan sudah ditetapkan akan kami maksimalkan dan manfaatkan waktu yang tersisa di tahun 2020 ini. Seperti dengan Samsat keliling di Kecamatan, hingga yang dengan mendatangi perusahaan-perusahaan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...