Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pohon Ini Namanya Denok, Jati Raksasa di Blora yang Usianya Tiga Abad

MURIANEWS, Blora – Di Kabupaten Blora ada pohon jati raksasa yang usianya diperkirakan mencapai 300 tahun. Pohon ini dikenal sebagai Jati Denok.

Letaknya ada di Desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo atau di petak 62 RPH Temetes, BKPH Temanjang, KPH Randublatung. Lokasinya di tengah hutan jati.

Humas Perhutani KPH Randublatung  Harmanto menceritakan, sebutan Jati Denok mengacu kepada bentuk pohonnya yang besar di bagian bawahnya.

Jika diukur maka pohon ini paling tidak butuh sekitar delapan sampai sepuluh tangan orang dewasa untuk memeluknya baru bisa tersambung.

“Tingginya 30 meter dengan bagian pangkal pohon yang membesar, dengan usia sudah tiga abad atau sekitar 300 tahun,’’ ujarnya, Sabtu (3/10/2020).

Jati Denok lanjutnya, juga memiliki sejarah. Dari litelatur Perhutani, pohon ini terkait dengan sejarah di Kedung Putri di mana pohon jati tersebut konon diinjak oleh Jonggrang Prayungan sebagai tempat peristirahatan seorang bangsawan kerajaan ketika dia ingin melihat kecantikan Putri Citro Wati dari  Purwo Carito atau sekarang disebut Putri Gumeng.

“Karena kesaktian yang dimiliki Jonggrang Prayungan, pohon jati yang diinjaknya tidak kuat menahan beban dan akhirnya bagian bawah pohon tersebut tertekan dan membesar sehingga disebut jati denok,’’ kisahnya.

Kini seiring dengan berjalannya waktu, Jati Denok menjadi monumen jati yang tetap berdiri kokoh. Hingga kini pohon ini termasuk juga pohon yang dikeramatkan. Sebab beberapa upacara adat desa dilakukan di sini.

Sementara itu, Hasan Yuwono, warga Temanjang, Desa Jatisari menambahkan, Jati Denok ini sangat sering didatangi warga. Apalagi akhir pekan pasti ada yang datang. Mereka ada yang pakai motor atau gowes.

“Mereka datang untuk sekadar berfoto disini,’’ ujarnya.

Pohon ini juga dipercaya memiliki keistimewaan. Sehingga pada tanggal sepuluh bulan Sura lalu Jati Denok banyak didatangi orang luar Blora.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...