Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pamornya Mendunia, Api Abadi Mrapen Diharap Segera Menyala Lagi

MURIANEWS, Grobogan – Api Abadi Mrapen di Grobogan sudah sepekan terakhir padam. Api tersebut diharapkan segera menyala lagi, terlebih popularitasnya sudah mendunia.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Grobogan Haerudin berharap, padamya Api Abadi Mrapen tidak berlangsung lama. Hal itu disampaikan Haerudin saat meninjau ke lokasi objek wisata alam yang ada di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Jumat (2/10/2020).

“Seperti kita ketahui, Api Abadi Mrapen ini sudah jadi ikon. Tidak hanya di Jateng maupun nasional saja, tetapi sudah sampai dunia. Selama ini, Api Abadi Mrapen ini sudah seringkali diambil untuk api obor even olahraga maupun acara keagamaan,” kata Haerudin.

Haerudin juga sempat meminta penjelasan dari Kasi Energi Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan Sinung Sugeng Arianto terkait padamnya Api Abadi Mrapen sejak 25 September 2020 lalu itu.

Baca: Penyebab Padamnya Api Abadi Mrapen di Grobogan Belum Diketahui

Setelah mendengar banyak keterangan, Haerudin dan rombongan didampingi tim dari Dinas ESDM meninjau lokasi bekas pengeboran sumur yang sempat mengeluarkan semburan air bercampur gas.

Lokasi pengeboran sumur itu berjarak sekitar 150 meter di sebelah utara Api Abadi Mrapen.

Semburan itu akhirnya bisa terhenti setelah warga dan pihak desa menutup lokasi semburan dengan koral. Namun air dan gas masih merembes keluar dari bekas titik pengeboran sumur.

“Saat ini, dinas terkait masih melakukan kajian terkait padamnya Api Abadi Mrapen ini. Kita harapkan, masalah ini bisa segera tertangani dan Api Abadi Mrapen bisa kembali menyala. Dari Pemkab Grobogan tentunya akan memberikan dukungan penuh,” imbuh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jateng tersebut.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...