Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sepuluh Persen Jalan di Kudus Rusak, Kebanyakan karena Over Tonase

MURIANEWS, Kudus – Sekitar sepuluh persen jalan di Kabupaten Kudus kini mengalami kerusakan. Lokasinya tersebar di sembilan kecamatan di Kota Kretek.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kudus Harry Wibowo merincikan, berdasar data, dari total panjang jalan 636 kilometer, ada sebanyak 63 kilometer mengalami kerusakan.

“Kebanyakannya, berada di pinggiran perkotaan, untuk jalan protokol masih dalam keadaan baik,” ucap dia ketika meninjau proyek peningakat jalan di Desa Bacin-Pedawang, Jumat (2/10/2020).

Penyebab rusaknya sendiri, kata dia, yang paling sering adalah karena over tonase. Atau berat kendaraan yang melintas, lebih berat daripada beban maksimal yang sanggup ditopang jalan.

“Kebanyakan jalan perkotaan memang hanya mampu menahan sekitar 12 ton saja,” rincinya.

Selain karena over tonase, faktor usia dan cuaca juga jadi penyebab rusakntya jalan. “Biasanya memang tiga sampai lima tahun butuh peningkatan, atau setidaknya perawatan,” katanya.

Untuk tahun ini ada sebanyak 22 paket lelang proyek peningkatan jalan untuk memperbaiki dan meningkatkan jalan yang rusak. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 30 miliar.

“Ada yang menggunakan cor, ada juga yang menggunakan Asphalt Concrete -Wearing Course (AC-WC),”ujarnya.

Satu yang tengah dikerjakan kini adalah jalan penghubung Desa Bacin-Pedawang, dengan pagu Rp 1,5 miliar. Namun dalam kontraknya bernilai Rp 1,13 miliar. “Panjang jalan yang dikerjakan sejauh 1,65 km,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...