Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.185 Orang di Kudus Sudah Berhasil Sembuh dari Corona

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien corona di Kota Kretek yang dinyatakan sembuh kembali bertambah pada Kamis (1/10/2020) malam. Yakni ada tambahan sebanyak 21 orang.

Total pasien corona yang sembuh di Kabupaten Kudus kini pun menjadi sebanyak 1.185 kasus. Sementara total kasus hingga saat ini yakni sebanyak 1.576 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, mereka yang dinyatakan sembuh memang telah memenuhi ketentuan dari Kementerian Kesehatan.

“Mereka telah menyelesaikan perawatan dan menjalankan isolasi mandiri selama sepekan lebih,” ucap Andini Kamis malam.

Ia mengatakan, tidak adanya penyakit penyerta pada pasien corona, akan menambah persentase seorang pasien corona bisa sembuh.

Namun bila memiliki penyakit penyerta, memang harus membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit rujukan penanganan corona. “Sementara yang tak bergejala dan tak miliki penyakit penyerta, bisa melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Walau demikian, penambahan pasien baru masih terjadi. Untuk hari ini saja, kata dia, ada sebanyak 12 orang yang terpapar corona.

“Ada 12 kasus baru dari lima kecamatan, dua dari Undaan dan Bae, tiga dari Kota dan Jati, serta satu kasus lain dari Jekulo,” terangnya.

Andini menambahkan, hingga hari ini sendiri, kasus pasien aktif di Kabupaten Kudus kini berjumlah 189 pasien. Sebanyak 45 pasien di antaranya kini menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan.

“Sementara 144 pasien lainnya, menjalani isolasi mandiri,” rinci dia.

Andini berharap, para pasien yang menjalani isolasi mandiri bisa benar-benar menerapkannya dengan serius. Dengan begitu, penyebaran virus corona bisa terputus.

“Pemantauan pasien isolai mandiri dilakukan oleh tenaga kesehatan di puskesmas setempat,” tambah dia.

Selain adanya penambahan pasien sembuh dan pasien baru, GTPP Kudus juga mencatat ada satu pasien yang meninggal dengan status positif corona.

Yakni seorang perempuan berusia 31 tahun berdomisili di Desa Undaan Lor Kecamatan Undaan. Dia dirawat di RSUD dr. Loekmono Hadi tanggal 26 September 2020 dengan penyakit penyerta.

“Kemudian, ada sebanyak 922 kontak erat masih dipantau, 163 suspek, dan 47 probable,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...