Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tips Cegah Corona dari Dokter RSUD Blora Mantan Pasien Positif: Sayangi Dirimu dan Dirinya

MURIANEWS, Blora – Dokter Galih Puspitasari, salah seorang dokter dari RSUD dr R Soetijono Blora memberikan tips supaya aman dari penularan Covid-19. Kuncinya yakni menyayangi diri sendiri dan orang tersayang.

Dokter yang sempat tertular virus corona dan sembuh itu menyebutkan, jika menyayangi diri sendiri dan orang tersayang bisa memotivasi selalu waspada dan patuh protokol kesehatan Covid-19.

“Sayangi dirimu dan dirinya. Kalau sudah sayang, pasti tidak mau orang tersayang kita kena Covid-19 atau sakit. Jadi akan membuat kita selalu waspada dan patuh protokol kesehatan,” kata Galih, Kamis (01/10/2020).

Ia mengibaratkan, kalau kita punya mobil kesayangan, pasti akan dirawat, dijaga dengan baik dari debu, hujan, panas atau lecet.

“Berikutnya, yaitu anggap semua orang adalah orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Bukan mengklaim, ini tips saja. Kalau menganggap semua orang itu OTG maka secara otomatis kita akan patuh protokol kesehatan,” ujarnya.

Karena carier (pembawa) Covid-19 menurutnya jumlahnya mungkin lebih banyak dibandingkan dengan yang bergejala.

Dikatakannya, Covid-19 itu bukan penyakit sosial, ini adalah penyakit infenksius yang dapat menyerang siapa saja.

Baca: Dokter RSUD Blora Ceritakan Pengalamannya Terpapar Hingga Sembuh dari Corona

Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak menganggap penyakit ini sebagai stigma sosial, dan tak perlu takut untuk terdiagnosa Covid-19 apabila sakit. “Ikutilah alurnya, ikutilah semua pemeriksaan sesuai anjuran dari dokter yang memeriksa,” ajaknya.

Bahkan menurut dia, kalau misalnya terdiagnosa Covid-19 lebih dini, maka terapi dan harapan hidupnya akan lebih bagus, daripada menolak.

Menurut dia, swab test dengan metode PCR, itu merupakan metode diagnostik yang paling akurat untuk menentukan adanya virus SAR-CoV-2 penyebab Covid-19. a. “Jika kita lebih awal tahu, lewat hasil swab, meskipun tidak bergejala, risiko penularan ke orang sekitar kita akan menurun,”imbuhnya.

Oleh karena itu, ia juga mengajak masyarakat senantiasa menerapkan 3 M, yakni dan selalu mengingatkan kepada siapapun untuk mengimplementasikannya dengan benar.

3M yang dimaksud yakni menggunakan masker dengan benar ketika beraktivitas, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta terakhir menjaga jarak aman 1,5 sampai 2 meter dengan orang lain.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...