Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Resmikan Mall Pelayanan Publik, 222 Layanan Kini Berada Dalam Satu Atap

MURIANEWS, Jepara – Mall Pelayanan Publik (MPP) Jepara resmi dibuka, Kamis (1/10/2020). Sebanyak 222 layanan perizinan maupun non perizinan dari berbagai lembaga memenuhi kantor baru tersebut.

MPP yang berlokasi di Lantai I Gedung OPD bersama dibuka oleh Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dengan didampingi sejumlah pejabat, Kamis (1/10/2020).

Edy menyebutkan MPP yang dibuka memiliki 19 gerai/loket pelayanan  dari berbagai perangkat daerah dan lembaga instansi lainnya. Ke-19 gerai tersebut merupakan pelayanan dari 10 dinas di Kabupaten Jepara, dua dinas provinsi, dan delapan instansi vertikal membuka layanan di MPP Jepara.

”Sedangkan untuk jenis pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani mencapai 222 item,” katanya

Edy berharap, MPP ini dapat meningkatkan daya saing global bagi Jepara, khususnya di dalam memberikan kemudahan berusaha di daerah. Iklim usaha akan lebih mudah, terutama terkait perizinan yang lebih cepat, terpadu, efektif, dan efisien.

Selain itu, masyarakat akan semakin mudah mengakses berbagai jenis layanan yang ada di instansi pemerintah di satu tempat. Mulai perizinan, administrasi kependudukan, pajak, retribusi, hingga aduan, dan konsultasi.

“MPP ini merupakan salah satu langkah nyata di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Semua itu dilakukan untuk memberikan pelayanan cepat, dan terbaik untuk masyarakat,” ungkapnya.

MPP Jepara sebenarnya sudah mulai dibuka sejak 1 Juli 2020, meskipun dalam tahap uji coba. Dalam masa uji coba secara bertahap dilakukan evaluasi dan perbaikan.

Dalam pelaksanaan uji coba, kegiatan di MPP juga mendapatkan apresiasi postif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), yang diwakili Deputi Bidang Pelayanan Publik.

Saat itu Deputi Bidang Pelayanan Publik bahkan melakukan peninjauan langsung.

Saat ini,  MPP sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang mulai dari pusat informasi, ruang laktasi, musala, ruang rapat, kursi roda, pojok baca, dan ruang bermain anak.

Lokasinya berada di jantung kota Jepara, dan relative mudah dijangkau masyarakat. Fasilitas untuk parkir juga sudah disiapkan di sekitar Gedung OPD yang digunakan.

“Oleh Kementerian PAN RB, keberadaan MPP ini dinilai telah mampu memudahkan publik dalam mengakses pelayanan yang terintegrasi dalam satu tempat, Namun ada pula saran dan masukan, yang sudah kami laksanakan agar semakin baik,” tambah Edy.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...