Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengelola Wisata Bukit Kunci Blora Pastikan Protokol Kesehatan Dijaga Ketat

MURIANEWS, Blora –  Wisata alam Bukit Kunci di Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di tempat itu.

Selain itu juga mengacu surat edaran dari Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata tentang imbuan pencegahan penyebaran Covid-19 di bidang pariwisata.

Destinasi wisata lokal yang dikelola pemuda Desa Bangowan itu sempat lock down (penutupan sementara) selama tiga bulan, untuk mengantisipasi penyebaran corona. Namun setelah itu buka kembali dengan tatanan new normal.

Akan tetapi masih banyaknya penambahan kasus Covid-19 ini membuat pengurus Bukit Kunci memperketat pemberlakukan protokol kesehatan.

Pengunjung dicek suhu sebelum masuk wisata Bukit Kunci Blora. (MURIANEWS/Priyo)

Hanif Masadini (29), salah seorang pengurus wisata Bukit Kunci mengemukakan setiap pengunjung yang datang wajib mentaati protokol kesehatan.

“Bahkan para petugas keliling mengecek para pengunjung yang tidak patuh,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Hal senada disampaikan oleh Antok (24), pengurus lainnya. Ia menjelaskan. pengurus wahana wisata Bukit Kunci juga siap memberlakukan sosial distancing, jaga jarak, ketika nantinya banyak pengunjung.

“Sebelum masuk lokasi, para pengunjung kita cek suhu tubuhnya, kemudian kita minta untuk cuci tangan,” jelasnya.

Selain itu, setiap pagi atau sore hari dilakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah fasilitas wisata. “Semua fasilitas disemprot disinfektan,” katanya.

Bukit Kunci merupakan salah satu wisata lokal yang menonjolkan view alam menarik dan mempesona. Bagi pengunjung tiket masuk relatif terjangkau, yakni Rp 3.000,00/orang. Hasil dari tiket itu digunakan untuk pemeliharaan dan jasa pengurus wahana.

Untuk menuju ke Bukit Kunci relatif mudah ditempuh dengan kendaraan sepeda motor atau sepeda ontel. Dari pusat pemerintahan Desa Bangowan, lokasi Bukit Kunci lebih kurang dua kilometer.

Jika cuaca cerah, pada jam tertentu pengunjung bisa menyaksikan keindahan Gunung Lawu yang tampak jelas dari jauh. Pengunjung juga disuguhi hamparan hutan, pemukiman dan persawahan hijau yang ada di bawah lokasi Bukit Kunci.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...