Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bertahun-Tahun Tak Bayar Angsuran, Warga Pati Ini Digugat Bank Jateng ke Pengadilan

MURIANEWS, Pati – Iis Palapasari warga Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo digugat Bank Jateng ke Pengadilan Negeri Pati. Gara-garanya, penjual madu tersebut diduga tak membayar angsuran hingga mengalami kredit macet sejak 2017 lalu.

Riyanta, Kuasa Hukum Iis Palapasari menjelaskan, kronologi gugatan tersebut berawal saat kliennya mengambil KUR di BPD Bank Jateng pada 2016 untuk tambahan modal. Nominalnya mencapai Rp 25 juta dengan 12 masa angsuran.

Dari situ, setiap satu bulan, kliennya harus membayar angsuran sekitar Rp 2 jutaan.

Baca: Tiga Lokasi di Pati Ini Ditengarai Jadi Pusat Pembantaian Simpatisan PKI

Namun, karena kondisi yang ekonomi yang tidak membaik, dia hanya mampu menbayar angsuran hingga bulan ketiga.

”Klien kami akhirnya mendatangi pihak bank untuk meminta keringanan angsuran. Setidaknya dalam satu bulan bisa diangsur sebanyak Rp 1 juta,” katanya usai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pati, Rabu (30/9/2020).

Hanya saja, pihak bank tidak berkenan. Pihak bank justru meminta kekurangan dari angsuran sekitar Rp 19 juta untuk dibayarkan secara langsung karena sudah hampir tiga tahun menunggak.

Baca: Ingin Punya Pelat Nomor Cantik, Siapkan Uang Rp 5 Juta Hingga Rp 20 Juta

“Dari sini, klien kami digugat oleh Bank Jateng karena hingga saat ini belum bayar sisa angsuran. Tapi, kondisi ekonominya sudah tidak memungkinkan. Klien saya hanya sanggup membayar Rp 1 juta perbulannya hingga lunas,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, kliennya pun bersedia jika bank mau melakukan lelang atas agunan yang ada. Apalagi, saat ini usahanya sedang tertatih karena pandemi yang belum selesai.

“Kami ingin berbicara baik-baik dengan pihak bank (Bank Jateng) agar bisa memberikan keringanan kepada klien kami. Kalau ada uang, pasti dibayar,” imbuhnya.

Baca: Tim Gegana Evakuasi Dua Granat di Pekarangan Rumah Warga Pati

Dalam persidangan, hakim ketua juga menyarankan agar permasalahan tersebut diselesaikan dengan baik. Karena kondisi tergugat saat ini tidak ada yang dan minta ada keringanan, setidaknya itu bisa dipertimbangkan.

Apalagi, tergugat juga sudah siap untuk melunasi utang itu dengan angsuran yang agak ringan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...