Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bulog Pastikan Stok Beras di Pati Tetap Aman Selama Pandemi

MURIANEWS, Pati – Bulog Sub-divre II Pati memastikan stok beras di masa pandemi ini tetap aman hingga masa panen berikutnya. Bahkan, khusus untuk Bumi Mina Tani saat ini masih ada 6.000 ton beras cadangan.

Kepala Bulog Pati Yonas Haryadi Kurniawan mengatakan, Bulog memang mendapatkan tugas dari negara untuk mengamankan stok beras nasional. Tetapi untuk Kanca Pati sendiri, pihaknya memangku lima kabupaten, yakni Pati, Jepara, Kudus, Blora, dan Rembang.

“Untuk stok sendiri kami pastikan aman. Sampai akhir tahun ini masih ada 6.000 ton beras di gudang,” katanya.

Untuk pengamanan beras nasional ini, stok yang ada memnag sudah cukup lama. Tetapi oleh Bulog, beras tersebut tidak langsung didistribusikan kepada warga. Melainkan ada proses mesin hingga berasnya layak konsumsi.

“Kami olah lagi, ketika didistribusikan, beras tidak berkutu, tidak berdebu dan siap untuk dikonsumsi,” imbuhnnya.

Memang, lanjutnya, beras yang ada di Bulog ini merupakan hasil serapan dari petani lokal yang ada di eks-Karesidenan Pati. Beras tersebut ditimbun untuk mengamankan pangan nasional.

Sekalipun hingga akhir September ini Bulog telah mengeluarkan beras untuk Bantuan Sosial Beras (BSB) sebanyak 1.600 ton, tetapi stoknya dipastikan masih ada. Pada Oktober nanti, pihaknya juga mengeluarkan sekitar 800 ton beras untuk program yang sama.

“Tapi kami pastikan stok masih aman. Nanti kalau sudah masa panen, kami serap lagi gabah petani dan begitu seterusnya,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...