Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hotel D’season Jepara Bantah Jadi Tempat Karantina Pegawai BRI Positif Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Informasi mengenai adanya pegawai BRI Jepara yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri di Hotel D’season Jepara dibantah pihak hotel.

Manajemen Hotel D’season bahkan menyatakan informasi tersebut tidak benar. Pemberitaan yang menyebutkan adanya kegiatan karantina di Hotel D’season bahkan dibantah dengan tegas oleh Johanes Abdhi Mulia, sang pemilik hotel, Selasa (29/9/2020).

Klarifikasi ini disampaikan oleh Johanes Abdhi Mulia karena merasa informasi yang beredar ini membuat pihaknya mengalami sejumlah kerugian. Informasi yang beredar membuat banyak calon tamu hotelnya membatalkan booking, karena merasa takut.

Baca: 15 Karyawan BRI Jepara Terkonfirmasi Positif Covid-19, Tiga di Antaranya Ber-KTP Kudus

Padahal pihaknya sama sekali tidak menerima tamu dari BRI Jepara untuk maksud melakukan karantina. Situasi ini menurutnya perlu diluruskan, karena sebelumnya pihak Satgas Covid-19 Jepara memberikan statemen bahwa hotelnya digunakan untuk melakukan karantina orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari BRI Jepara.

“Informasi itu tidak benar, dan harus kami luruskan. Kami tidak menerima orang yang melakukan karantina terkait dengan Covid-19 dari BRI Jepara. Tidak ada itu. Karena informasi ini kami bahkan harus menerima pembatalan pemesanan kamar oleh beberapa calon tamu,” ujar Johanes Abdhi Mulia, Selasa (29/9/2020).

Sejak diperkenankan buka kembali, hotelnya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi karyawan dan tamu hotel. Pihaknya juga sudah mendapatkan sertifikasi Clean, Healty, Safety, and Enfironment (CHSE) dari Kementerian Pariwisata.

Baca: Syarat Tak Lengkap, Lima Pengaju Santunan Kematian Covid-19 Jepara Belum Direkomendasikan ke Provinsi

Artinya kesiapan kami di dalam menerapkan protokol kesehatan sudah diverifikasi dan kami melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

Johanes juga menyatakan, saat ini pihaknya sebagai salah satu bagian dari industri pariwisata juga tengah mengalami dampak dari pandemi Covid-19. Saat ini bahkan pihaknya hanya dalam posisi bertahan untuk tetap bisa terus mempertahankan usaha.

Berbagai kendala dalam enam bulan terakhir menurutnya harus bisa diatasi untuk bisa bertahan hingga situasi menjadi jelas kembali.

Baca: Puluhan Orang Positif, Satgas Covid-19 Jepara Fokus di Klaster PLTU Tanjung Jati B

“BRI Jepara memang memiliki hubungan kemitraan dengan kami. Jika ada pejabat BRI dari luar daerah yang datang ke Jepara, memang biasanya menginap di hotel kami. Namun untuk masalah karantina bagi karyawannya yang terkonfirmasi positif covid, saya tegaskan tidak ada. Jadi informasi itu tidak benar,” tambah Johanes Abdhi Mulia.

Sejauh ini, protokol kesehatan dengan sangat ketat sudah diterapkan di dalam pelayanan dan pengelolaan hotel. Semua tamu, karyawan yang masuk ke hotel selalu dicek suhu badannya.

Fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer juga ditempatkan di banyak tempat strategis. Kebersihan kamar juga selalu dilakukan dengan melakukan penyemprotan disinfektan yang diwajibkan. Di luar itu, kesehatan para karyawan juga diperhatikan dengan selalu memberikan suplemen vitamin setiap hari.

Terpisah Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Muh Ali menyatakan informasi mengenai adanya pegawai BRI Jepara melakukan karantina di Hotel D’season diterimanya saat melakukan koordinasi dengan pihak BRI Jepara sendiri. Perihal ini pihaknya memang tidak sempat melakukan konfirmasi ke pihak Hotel D’season.

“Jadi kemarin itu, pas kami koordinasi pihak BRI menyatakan seperti itu. Karyawannya dinyatakan melakukan karantina mandiri di hotel itu. Namun kalau kemudian ada bantahan, mungkin lebih baik akan klarifikasi lebih lanjut,” ujar Moh Ali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...