Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

120 Orang di Dua Sekolah di Jepara Diswab

MURIANEWS, Jepara – Kasus terkonfirmasi Covid-19 yang diderita oleh pegawai TU (Tata Usaha) di SMP 1 Jepara, ditindaklanjuti oleh Satgas Penangana Covid-19 Jepara. Setelah dilakukan tracing, akhirnya Satgas Covid-19 Jepara menggelar tes swab massal di dua sekolah. Pemeriksaan swab massal ini dijalani para guru dan karyaan di dua Sekolah.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jepara Muh Ali menyatakan, pengambilan sample swab sudah dilaksanakan pada pekan lalu. Guru dan karyawan yang dilakukan pemeriksaan swab masing-masing di SMP 1 Jepara dan SMA 1 Tahunan Jepara.

Dalam kasus ini, orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di SMP 1 Jepara diketahui bersuami seorang karyawan TU di SMA 1 Tahunan. Sehingga untuk penanganan yang lebih pasti, akhirnya karyawan dan guru di dua sekolah tersebut akhirnya dilakukan swab massal.

Dijelaskan oleh Muh Ali, untuk di SMP 1 Jepara, ada sekitar 50-an orang yang dilakukan swab. Sedangkan di SMA 1 Tahunan , ada 77 orang yang dilakukan swab massal. Pelaksanaannya dilaksanakan pada akhir pekan lalu.

Karena peralatan PCR di RSUD Kartini Jepara sempat mengalami kendala, sample swab yang diambil dalam dua pemeriksaaan swab massal tersebut dikirim ke Semarang untuk diuji laboratorium.

“Jadi untuk kasus di SMP 1 Jepara, kami sudah tindak lanjuti dengan melakukan pemeriksaan swab massal dari orang-orang yang masuk dalam daftar tracing. Selanjutnya dalam pengembangannya, pemeriksaan swab akhirnya melebar ke SMA 1 Tahunan juga. Karena suami yang terkonfirmasi positif covid 19 adalah pegawai di SMA 1 Tahunan,” ujar Muh Ali, Selasa (29/9/2020).

Mengenai hasil laboratorium terhadap sample swab yang sudah diambil, sampai saat ini Satgas Penanganan Covid-19 Jepara masih belum mendapatkannya.

Pemeriksaan sample yang dilakukan di Semarang, hingga saat ini belum ada informasi. Hal ini dimungkinkan bisa terjadi, karena laboratorium swab di Semarang masih banyak menangani sample dari beberapa daerah.

Hingga Selasa (29/9/2020) kasus terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Jepara mencapai 1.611 kasus. Dari jumlah tersebut sampai saat ini ada 158 kasus yang masih dalam penanganan.

Sedangkan 1.310 orang sudah dinyatakan sembuh, sementara 143 orang diketahui meninggal dunia. Diluar itu, kasus probable di Jepara jumlahnya mencapai 83 kasus, dengan 82 orang di antaranya meninggal dunia. Lainnya, jumlah suspect mencapai 1.705.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...