Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemilik Kandang Ayam yang Diprotes Warga Kudus Minta Ganti Rugi Jika Dipaksa Tutup

MURIANEWS, Kudus – Aliman Dukin, pemilik kandang ayam di Desa Panjang Rt 1 RW 3 Kecamatan Bae, Kudus minta ganti rugi jika usahanya diminta tutup.

Kandang ayam miliknya, Selasa (29/9/2020) hari ini memang diprotes warga lantaran menimbulkan bau busuk dan mencemari lingkungan.

“Saya dipanggil ke balai desa setahu saya untuk mengasih solusi. Tidak tahunya saya divonis harus menutup kandang. Ini saya menuntut hak saya, saya mau menutupnya namun harus ada ganti rugi,” katanya seusai melakukan audiensi dengan warga.

Menurutnya, modal yang dipergunakan untuk membuat usaha itu sebesar Rp 500 juta. Dengan luas lahan 500 meter persegi dan 1.000 ekor ayam.

“Sebelumnya aman-aman saja. Padahal saya sudah mendirikan sekitar satu tahun. Saya minta ganti rugi dari pembelian tanah dan pembuatan kandang ayam itu, kalau sepihak ya tidak bisa,  bisa juga dikasih waktu untuk mengurus izin,” ucap warga yang berdomisili di Desa Kaliputu tersebut.

Baca: Diduga Cemari Lingkungan, Warga Panjang Kudus Tolak Kandang Ayam di Desanya

Ia mengakui, pihaknya hanya mempunyai  surat persetujuan tetangga, yang ditanda tangani oleh warga sekitar. Menurutnya lokasi tersebut juga masih jauh dari permukiman warga.

Ia pun siap dibawa ke ranah hukum jika dipaksa menutup, tapi tidak ada ganti rugi.

“Kalau saya orang bertani yang cuman ada 1.000 ayam. Kalau tidak bisa ada solusi terbaik, silahkan dilanjutkan ke hukum. Apa nantinya menang atau kalah saya menghormati keputusan hukum,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...