Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diduga Cemari Lingkungan, Warga Panjang Kudus Tolak Kandang Ayam di Desanya

MURIANEWS, Kudus – Warga di RT 1, RW 3 Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kudus, menyatakan menolak keberadaan kandang ayam yang lokasinya dekat dengan permukiman. Pasalnya, kandang ayam itu dinilai telah mencemari lingkungan dan menimbulkan bau busuk.

Mereka pun mendatangi Balai Desa Panjang, Selasa (29/9/2020). Ada puluhan warga yang datang untuk mengikuti audiensi terkait hal ini. Pemilik kandang Aliman Dukin, pihak kecematan hingga perwakilan dari dinas-dinas terkait juga didatangkan.

“Yang bersangkutan,  belum mempunyai izin pendirian kandang ayam itu. Pembuangan limbah kotoran ayam juga tidak jelas,” kata Joko Roni, salah seorang warga.

Menurutnya, banyak warga yang resah. Sebab dengan adanya kandang tersebut lalat serta bau tak sedap yang mencemari lingkungan sekitar.

“Permintaan warga itu kandang ayam tersebut segera ditutup. Karena selama ini sudah mencemari lingkungan. Limbah kotoran ayam juga dibuang ke sungai yang berada di timur kandang,” jelasnya.

Kandang ayam yang ditolak warga, lantaran diduga mencemari lingkungan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

 Dalam audiensi tersebut, warga menunjukkan foto-foto kotoran ayam yang dibuang ke sungai.

Sementara Kepala Desa Panjang Eko Oktavian menyatakan, pihaknya sudah memberikan peringatan kepada pemilik kandang untuk segera mengurus izin. Bahkan menurutnya, peringatan itu sudah dilayangkan beberapa kali.

“Petunjuk dari Dinas PUPR juga lokasi yang digunakan untuk kandang ayam itu hanya untuk permukiman saja, bukan untuk lahan peternakan,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan audiensi masih berlangsung di Balai Desa Panjang. Belum ada keputusan yang muncul terkait polemik ini.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...