Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sensus Penduduk Offline di Pati Sudah 100 Persen

MURIANEWS, Pati – Sensus penduduk offline atau dari pintu ke pintu yang dilakulan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, hingga saat ini sudah komplit 100 persen. Semua warga yang belum melakukan sensus online, sudah dilakukan pendataan manual.

Kepala BPS Pati Anang Sarwoto mengatakan, untuk sebelumnya yang melakukan sensus online, semua sudah diverifikasi. Kemudian untuk yang offline saat ini sudah proses rekapitulasi.

“Untuk hasilnya, nanti akan diumumkan secara resmi setelah proses rekapitulasi selesai,” katanya, Selasa (29/9/2020).

Dalam sensus offline itu, pihaknya melibatkan 1.045 petugas lapangan dan 81 koordinator. Mereka terjun lapangan mulai pertengahan September lalu. Kemudian di akhir September ini, semua proses pendataan dan wawancara sudah terselesaikan.

Dia mengakui, untuk sensus penduduk tahun ini cenderung dipercepat. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Karena prosesnya dipercepat, fariabel survey kami sederhanakan. Termasuk proses wawancara juga kami sederhanakan,” imbuhnya.

Dari data yang terregistrasi dalam data BPS, ada sebayak 1,3 juta penduduk yang dilakukan sensus. Jumlah tersebut seluruhnya sudah selesai dilakukan sensus.

Dia menambahkan, dalam sensus yang dilakukan ini memang ada perubahan, terutama terkait penambahan dan pengurangan keluarga. Penambahan ini lantaran pada saat sensus, ada anak yang baru lahir maupun tambahan anggota keluarga dari pernikahan.

Kemudian pengurangannya sendiri ada yang karena meninggal, merantau dan pindah luar daerah.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...