Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Umumkan Jumlah Pemilih per September Mencapai 877.447 Orang

MURIANEWS, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara kembali me-release jumlah pemilih di wilayah Kabupaten Jepara. Hingga September 2020 ini, KPU mencatat jumlah pemilih yang ada di Jepara sebanyak 877.447 orang.

Penyampaian jumlah pemilih di Kabupaten Jepara ini disampaikan dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Jepara secara daring, Senin (28/9/2020).

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyatakan, data pemilih pada bulan September mengalami perubahan dibanding data pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 lalu yang berjumlah 876.490.

Jumlanya meningkat sebanyak 957 pemilih dibanding data DPT pemilu 2019. Namun jika dibandingkan dengan hasil pemutakhiran berkelanjutan Bulan Agustus menurun 155 pemilih.

“Fluktuasi jumlah data pemilih ini akan terus terjadi karena data kependudukan kita sangat dinamis. Maka pemutakhiran data pemilih berkelanjiutan ini diharapkan akan bisa memelihara data pemilih dari pemilu ke pemilu berikutnya agar tetap akurat, mutakhir dan komprehensif,” kata Subchan Zuhri, Senin (28/9/2020).

Dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini, KPU Jepara akan mencoret nama-nama di daftar pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat. Sedangkan data pemilih baru yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, yakni berusia 17 tahun dan atau sudah menikah, dimasukan ke dalam data base.

Data yang sudah tidak memenuhi syarat diantaranya disebabkan karena meninggal dunia, pindah domisili ke luar Jepara, atau beralih status menjadi TNI/Polri dan sebab lainnya.

Rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih berkelanjutan ini sengaja digelar secara daring. Rapat pleno secara daring ini sudah dilakukan KPU Jepara sebanyak dua kali.

Sebelumnya pada Agustus lalu, rapat pleno yang sama juga sudah dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan karena Kabupaten Jepara masih memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Pada rapat pleno ini, KPU Jepara mengundang perwakilan partai politik peserta pemilu dan sejumlah instansi pemerintah. Para peserta  mengikuti rapat menggunakan aplikasi zoom meeting dari kantor atau rumah masing-masing. Hanya Bawaslu Jepara, dalam hal ini yang diundang langsung ke Kantor KPU Jepara untuk mengikuti Rapat Pleno ini.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...