Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bantu Atasi Dampak Kekeringan, Ubaloka Grobogan Salurkan Air Bersih

MURIANEWS, Grobogan – Datangnya bencana kekeringan di Kabupaten Grobogan mengundang simpati dari sejumlah pihak. Salah satunya datang dari anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwartir Cabang Grobogan.

Guna meringankan beban warga, Ubaloka menyalurkan bantuan air bersih ke desa terdampak kekeringan.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Grobogan mengungkapkan, kegiatan bakti masyarakat ini di laksanakan di dua tempat. Yakni, di Desa Tirem, Kecamatan Brati, dan Desa Depok, Kecamatan Toroh. Masing masing desa mendapatkan bantuan air bersih sebanyak 8.000 liter.

“Bantuan yang kami salurkan belum seberapa banyak. Namun, kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban warga yang terdampak kekeringan,” katanya, Senin (28/9/2020).

Data dari BPBD Grobogan hingga tanggal 16 September 2020 menyebutkan, jumlah sementara sudah ada 97 desa di 14 kecamatan yang mengalami bencana kekeringan.

Yakni, Kecamatan Brati (3 desa), Wirosari (3 desa), Tawangharjo (8 desa), Kedungjati (6 desa), Tanggungharjo (4 desa), Kradenan (14 desa), Toroh (10 desa), Karangrayung (9 desa), Pulokulon (13 desa), Penawangan (1 desa), Geyer (2 desa), Grobogan (9 desa), Gabus (12 desa) dan Purwodadi (2 desa dan 1 kelurahan).

Untuk mengurangi dampak kekeringan, pihak BPBD sudah mulai menyalurkan bantuan air bersih sejak Senin (24/8/2020) lalu. Untuk kegiatan droping air bersih tahun ini, BPBD memiliki anggaran sekitar Rp 233 juta.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Grobogan Agus Siswanto  menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh anggota Ubaloka tersebut. Menurutnya, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian dan gotong royong dalam membantu masyarakat yang terdampak kekeringan.

Agus menyatakan, dalam kegiatan sosial penyaluran bantuan air bersih itu, anggota Ubaloka diminta untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...