Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelanggar Protokol Kesehatan di Pati Didominasi Pemuda

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto menyebut, sebagian besar warga yang masih melanggar protokol kesehatan berasal dari kalangan pemuda. Orang nomor satu di Pati itu bahkan sering mempergoki hal tersebut, baik siang mupun malam hari.

“Jadi mereka asyik nongkrong, tapi tidak pakai masker dan tidak jaga jarak. Mohon maaf, jangan dikira pemuda ini tidak bisa kena virus, karena corona ini memang tidak memandang usia. Siapa saja bisa kena,” katanya, Senin (28/9/2020).

Dia juga meminta agar anak muda tidak punya prasangka bahwa dirinya kebal terhadap virus corona. Hal ini perlu diantisipasi, sebab memakai masker ataupun menerapkan protokol kesehatan adalah demi keamanan bersama.

“Saya beberapa kali ikut operasi bersama Pak Kapolres dan Pak Dandim. Rata-rata yang tidak mematuhi prokes memang anak muda,” terangnya.

Haryanto menyebutkan, untuk penanganan corona saat ini sudah mulai mengerucut. Dari 401 desa dan lima kelurahan, titik penyebaran Covid-19 ada di 61 desa.

Dengan pemetaan seperti itu, dinilainya akan lebih efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun, bagi desa yang tidak masuk dalam 61 desa ini, tentunya juga harus tetap waspada.

“Kalau dulu kan penangananya masih umum, kalau sekarang sudah kami fokuskan. Yang kami tuju tetap pada desa-desa yang sudah terdata dalam penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Untuk tempat keramaian seperti di Alun-alun dan stadion Joyo Kusumo, pihaknya mengaku sudah dilakukan penertiban. Namun, dari pantauan lapangan, pada saat minggu pagi, dua tempat ini masih ramai pengunjung dan cenderung berkerumun.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...