Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Syarat Tak Lengkap, Lima Pengaju Santunan Kematian Covid-19 Jepara Belum Direkomendasikan ke Provinsi

MURIANEWS, Jepara – Dinsospermades Jepara mengakui sudah ada lima pengajuan klaim dari ahli waris pasien Covid-19 di Jepara. Hanya, kelima berkas tersebut belum direkomendasikan ke Dinsos Jateng karena syaratnya belum lengkap.

“Sampai sejauh ini kami sudah menerima lima pengajuan klaim dari warga Jepara. Namun belum kami rekomendasikan ke provinsi, karena masih ada beberapa perbaikan berkas. Ada syarat-syarat yang mesti dilengkapi oleh pemohon,” Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin di Dinsospermades Jepara Isdiyanto Koesworo

Jika berkas sudah lengkap, lanjutnya, berkas tersebut akan disampaikan ke Dinsos Propinsi Jawa Tengah. Hal itu dilakukan lantaran, sesuai dengan juklak junknis, Dinsospermades Kabupaten hanya memberikan rekomendasi ke Dinsos Provinsi Jawa Tengah jika syarat-syarat pengajuan sudah lengkap.

“Kemudian dari Dinsos Propinsi Jawa Tengah, pengajuan itu akan dilanjutkan ke Kemensos. Apakah klaim yang disampaikan diterima atau tidak, pihak yang akan menentukan adalah Kemensos,” terangnya.

Isdiyanto menjelaskan program Kemensos ini sudah disampaikan ke masyarakat melalui desa masing-masing seusai menerima surat dari Dinsos Jawa Tengah, akhir Agustus lalu.

Hanya, untuk juklak dan juknisnya baru didapatkan sepakan lalu.

“Kami sudah sampaikan berikut persyaratannya ke desa. Nilai santunannya sebesar Rp 15 juta. Tapi ada persyaratan yang harus dilengkapi oleh ahli waris,” ungkapnya.

Syarat tersebut, beberapa di antaranya hanya boleh diajukan oleh ahli waris pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan untuk kasus probable tidak dapat mengajukan klaim santunan meskipun pemakamanannya dilakukan dengan protokol Covid-19.

“Ahli waris yang mengajukan klaim santunan juga harus memiliki surat keterangan dari RS atau Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dan bukti uji laboratorium yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang terkonfirmasi positif Covid-19,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...