Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Uji Publik 1.117.580 Daftar Pemilih Sementara Pilkada Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan mengadakan uji publik terhadap daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Grobogan 2020 yang sudah ditetapkan beberapa hari lalu. 2020. Tahapan uji publik ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 26 hingga 28 September 2020.

Komisioner KPU Grobogan M Machruz mengatakan, dasar dalam pelaksanaan uji publik DPS ini adalah surat edaran KPU RI Nomor 784/PL.02-1/SD/01/KPU/IX/2020 tanggal 18 September 2020.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaring atau memperoleh masukan dan tanggapan terhadap data pemilih dalam DPS untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

“Kami melaksanakan uji publik DPS ini selama tiga hari. Yakni hari Sabtu dan Minggu  kemarin serta hari ini. Uji publik dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19,” ujar Machruz, Senin (28/9/2020).

Dalam uji publik DPS tersebut dihadiri sejumlah pihak terkait. Antara lain, tim kampanye tingkat kelurahan/desa, PPKD, petugas registrasi kependudukan di kelurahan/desa, perwakilan RT/RW dan tokoh masyarakat setempat.

Machruz menjelaskan, tata cara uji publik data DPS bisa dilakukan dengan ditayangkan di layar infokus, penyandingan dengan data lain yang tersedia di pemerintah kelurahan atau desa, disandingkan dengan data PPKD, serta menerima masukan dari masyarakat.

Dalam kegiatan ini, setiap masukan atau tanggapan masyarakat dicatat menggunakan formulir model A.1A-KWK yang ditandatangani oleh PPS dan pemberi masukan atau tanggapan. Hasil pelaksanaan uji publik dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh PPS.

Machruz menambahkan, pada Sabtu (12/9/2020) lalu, pihaknya menggelar rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) untuk ditetapkan menjadi DPS.

Dalam rekapitulasi itu ada 1.117.580 orang masuk dalam DPS Pilkada Grobogan 2020. Terdiri 562.240 perempuan dan 555.340 laki-laki.

Sesuai DPS tersebut, pemilih paling banyak ada di Kecamatan Purwodadi sebanyak 104.131 orang. Sedangkan pemilih paling sedikit ada di Kecamatan Klambu sebanyak 29.616 orang.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...