Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Program Jaring Pengaman Sosial Jepara Segera Digeber, 28.302 Penerima Sempat Tercecer

MURIANEWS, Jepara – Bantuan Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) terkait Pandemi Covid-19 oleh Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinsospermades masih berlangsung hingga saat ini.

Untuk program ini secara keseluruhan Pemkab Jepara mengalokasikan dana kurang lebih Rp 130 miliar melalui APBD 2020 Jepara. Sampai September ini, sudah ada sebagian yang disalurkan dan sebagian besar lainnya masih dalam proses.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin di Dinsospermades Jepara, Isdiyanto Koesworo menyatakan, penyaluran bantuan tunai masih terus dalam proses. Untuk Kelompok tahap I, pihaknya sudah menyalurkan dana tunai kepada 26.085 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan untuk Mei, Juni, dan Juli sebesar Rp 200 ribu untuk masing-masing KPM sudah disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Demikian juga untuk bulan Agustus yang bantuannya berubah menjadi Rp 400 ribu, juga sudah disalurkan.

Untuk kelompok tahap I, pada pekan lalu juga sudah diproses untuk penyaluran bantuan bulan September. Sehingga untuk kelompok tahap I tinggal menyisakan bantuan penyaluran untuk bulan Oktober. Sedangkan untuk kelompok tahap I untuk penyaluran Agustus, September dan Oktober akan mendapatkan bantuan dengan jumlah Rp 400 ribu setiap KPM.

“Untuk kelompok tahap I penyaluran bulan September saat ini sudah mulai berjalan prosesnya. Pemerintah Kabupaten Jepara sudah mentransfer dananya ke BRI, dan tinggal menunggu penyaluran oleh BRI,” ujar Isdiyanto Koesworo, Senin (28/9/2020).

Sedangkan untuk Kelompok tahap II, Isdiyanto menyatakan sudah memastikan jumlah yang akan mendapatkan bantuan. Secara keseluruhan yang jumlah yang sudah ditetapkan adalah 62.186 KPM.

Jumlah ini, terdiri dari KPM yang sebelumnya masuk daftar penerima Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) di Dinsos Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 33.844 KPM dan data KPM yang sebelumnya tercecer belum terakomodir program-program pemerintah sebanyak 28.302 KPM.

Untuk kelompok tahap II ini akan mendapatkan bantuan selama tiga bulan mulai Agustus-September- Oktober sebesar Rp 400 ribu. Penyalurannya akan dilakukan melalui BRI seperti penyaluran kelompok tahap I.

Dengan demikian KPM yang masuk dalam daftar program BSNT Dinsos Propinsi akan mendapatkan kelanjutan bantuan dari Pemkab Jepara, secara tunai dengan nilai lebih banyak. Sebelumnya mereka mendapatkan bantuan berupa paket sembako senilai Rp 200 ribu.

“Penyaluran bantuan untuk Kelompok Tahap II ke 62.186 KPM saat ini sudah fiks dan sedang diproses pembuatan ATM oleh BRI. Proses penyaluranya akan dilakukan untuk Agustus dan September. Tapi masih nunggu pencetakan ATM BRI-nya. Namun yang pasti dana dari Pemkab Jepara sudah dikirim ke BRI untuk disalurkan,” jelas Isdiyanto Koesworo lagi.

Pemkab Jepara sendiri, menurut Isdiyanto Koesworo menargetkan bisa menyelesaikan program bantuan sosial dampak pandemi Covid-19 ini, selambat-lambatnya awal November. Pada saat itu diharapkan dana sebesar kurang lebih Rp 130 miliar sudah bisa disalurkan semuanya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...