Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perbaikan Empat Jembatan di Kudus Ditarget Rampung Sebelum Desember

MURIANEWS, Kudus – Proses perbaikan empat jembatan di Kabupaten Kudus ditargetkan rampung sebelum Desember 2020 mendatang. Empat jembatan tersebut pun kini tengah dikerjakan oleh masing-masing pengembang.

Empat jembatan yang kini dibangun adalah Jembatan RSI Sunan Kudus. Kemudian juga Jembatan Blolo Nganti, Watu Putih Jekulo, dan jembatan Gang 6 Mlati Kota.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kudus Harry Wibowo mengatakan, untuk mengantisipasi musim hujan, ,ereka pun diminta untuk mempercepat pembuatan pondasi jembatan.

Selain itu, para pengembang juga diminta menyiapkan pompa-pompa air.  “Kami targetkan memang sebelum Desember harus rampung,” ucap dia, Senin (28/9/2020) siang.

Harry menambahkan, pembangunan empat jembatan tersebut berasal dari APBD. Tiga di antaranya menggunakan sistem lelang dengan pagu di atas Rp 200 juta.

Sementara satu jembatan lainnya dengan sistem penunjukan langsung. “Untuk penunjukan langsung di Gang Enam, nominalnya Rp 200 juta,” kata dia.

Untuk rata-rata perbaikan, kata dia, adalah bagian pondasi jembatan. Selain itu, sejumlah jembatan juga lantainya mulai tergerus.

“Termasuk jembatan di RSI Sunan Kudus ini, dia eksistingnya juga sempit, sehingga perlu pembongkaran,” terangnya.

Begitu juga dengan perbaikan di Jembatan Blolo Nganti dan Watu Putih. Dua jembatan tersebut, selain akan diperbaiki pondasinya, juga akan diperlebar.

“Karena intensitas masyarakat lalu lalang bertambah padat sehingga diperlebar,” jelasnya

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...