Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ibu dan Anak di Jepara Tercebur Sumur, Selamat Setelah Dievakuasi Dua Jam

MURIANEWS, Jepara – Kejadian warga tercebur sumur kembali terjadi di Jepara. Kali ini, peristiwa tersebut menimpa ibu dan anak bernama Izzatun Nikmah (45) dan Arnis (6), warga Bangsri, RT 1 RW 5 Desa Bangsri, Jepara, Senin (21/9/2020) dini hari tadi.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Keduanya berhasil diselamatkan setelah Tim Penolong dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara melakukan evakuasi selama dua jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Kusmiyanto mengatakan, kejadian nahas ini terjadi Senin (28/9/2020) dini hari sekitar pukul 01.20 WIB.

Awalnya, Mukaromah (72), ibu korban terbangun setelah mendengar suara tangisan. Karena curiga, kemudian ia membangunkan M Arifin (55) yang merupakan suami dari korban Izzatu Nikmah.

Setelah melakukan pengecekan, M Arifin kaget karena menemukan istri dan anaknya sudah berada di dalam sumur. Ia pun langsung meminta bantuan Ripin (52) tetangganya dan disampaikan ke sejumlah warga.

“Kejadian ini kemudian dilaporkan ke pihak-pihak berwenang yang kemudian langsung merespon dengan mengirimkan sejumlah petugas penolong. Sambil menunggu kedatangan para penolong, Bapak Arifin dan sejumlah warga mencoba melakukan pertolongan,” ujar Kusmiyanto, Senin (28/9/2020).

Usaha pertolongan yang dilakukan Aripin dan sejumlah warga berhasil dilakukan. Dengan memanfaatkan keranjang, korban Arnis yang masih berusia enam tahun berhasil diselamatkan.

Arnis berhasil dinaikan dari dasar sumur sekitar pukul 02.00 WIB, karena masih kecil dan tidak terlalu berat. Sedangkan Izzatu Nikmah, akhirnya berhasil diselamatkan oleh Tim Gabungan yang melakukan upaya pertolongan pada pukul 03.00 WIB.

Arnis yang berhasil diselamatkan oleh warga, langsung dilakukan pemeriksaan kesehatannya oleh dokter Puskesmas Bangsri. Kondisinya tidak mengalami masalah serius. Bocah ini diketahui hanya menderita kedinginan. Sedangkan Izzatu Nikmah, harus dibawa ke Puskesmas Bangsri untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Kondisi korban Izzatu Nikmah sampai pagi ini masih dalam pengawasan di Ruang IGD Pukesmas Bangsri. Dari   hasil pemeriksaan diperkirakan hanya mengalami trauma dan kedinginan. Sedangkan si anak, Arnis  diketahui sudah relative baik kondisinya, dan hanya mengalami trauma,” tambah Kusmiyanto.

Sampai sejauh ini, BPBD Jepara juga belum tahu persis kronologi pasti kejadian tersebut. Ini karena Izzatu Nikmah masih belum bisa dimintai keterangan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...