Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Hari, 86 Orang Terjaring Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jepara Terjaring Razia

MURIANEWS, Jepara – Satgas Penanganan Covid-19 Jepara masih terus melakukan upaya penertiban secara massif terhadap penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Tim Gabungan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang melakukan patroli menemukan masih banyak menemukan pelanggaran penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Dalam dua hari saja, Tim Gabungan menjaring 86 warga yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan di sejumlah lokasi.

Kabid Penegakan Perda dan Penertiban K3 Satpol PP Jepara Anwar Sadat mengatakan, dalam dua hari terakhir, pihaknya melakukan patroli bersama tim gabungan yang terdiri dari Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara dan sejumlah instansi terkait.

Kegiatan ini pada Sabtu (26/9/2020) juga diikuti oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi dan seluruh jajaran Muspida Kabupaten Jepara.

Kegiatan yang dilakukan pada Sabtu (26/9/2020) malam dilaksanakan mulai pukul 20.30 WIB di sejumlah lokasi. Di antaranya di titik-titik keramaian seperti Bundaran Ngabul, kompleks Stadion Kamal Junaidi, Kawasan Jalan HOS Cokroaminoto dan Alun-alun 2 Jepara. Selain melakukan penertiban, juga dilakukan sosialisasi penanganan Covid-19 dan pembagian masker.

Petugas memberikan masker kepada pengendara yang kedapatan tak pakai masker. (MURIANEWS/Budi Erje)

“Pada patroli yang dilaksanakan malam minggu, kami mendapati masih banyak warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Paling banyak di Kawasan Bundaran Ngabul. Ada 33 orang yang akhirnya kami berikan sangsi edukatif karena mengabaikan protokol kesehatan,” ujar Anwar Sadat, Minggu (27/9/2020).

Sedangkan pada Minggu (27/9/2020) pagi, Tim Gabungan kembali melakukan patrol dan penertiban dalam upaya menegakan protokol kesehatan. Lokasi yang didatangi adalah kawasan Pasar Apung Jepara, Pantai Teluk Awur dan Pantai Semat.

Sebanyak 19 orang diketahui masih mengabaikan protokol kesehatan di lokasi-lokasi tersebut. Mereka diketahui tidak melengkapi diri dengan masker pelindung.

Dengan demikian, dalam dua hari pelaksanaan patrol pihaknya sudah mendapatkan 86 orang pelanggar. Pada razia sebelumnya yang digelar, pihaknya mendapati 67 orang yang mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

Mereka mendapatkan sangsi edukatif berupa push-up menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa bentuk hukuman yang bersifat mendidik.

“Kami masih menerapkan sangsi edukasi yang termuat di dalam Perbup Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang hingga saat ini masih berlaku. Nanti jika Perbup PKM yang baru, sudah diberlakukan maka sangsi pada pelanggar penerapan protokol kesehatan kemungkinan akan lebih berat,” tambah Anwar Sadat.

 

Reporter: Budi Erje
Editir: Supriyadi

Comments
Loading...