Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Banjir, Warga Sembaturagung Pati Bersihkan Sungai Induk

MURIANEWS, Pati – Warga Desa Sembaturagung, Kecamatan Jakenan membersihkaan sungai induk. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi bajir. Apalagi saat musim hujan datang, sungai tersebut rawan meluap.

Kepala Desa Sembaturagung Dwi Tantri Wurjayanti mengatakan, bersih-bersih kali ini merupakan program padat karya yang difokuskan untuk penanggulangan banjir. Salah satunya dengan membersihkan sungai induk.

“Di sungai itu memang banyak sampah. Kemudian banyak juga tanaman liar sehingga rawan terjadi penyumbatan. Karena itu, kami bersama warga membersihkan sungai,” katanya, Minggu (27/9/2020).

Dirinya pun membenarkan, pada saat musim hujan datang, desa tersebut sering terjadi banjir. Apalagi komdisi sungainya juga mengalami pendangkalan.

Selain itu, karena banyaknya sampah di sungai, pada saat musim tanam banyak petani yang tidak bisa mengaliri sawahnya. Apalagi sungai tersebut juga merupakan irigasi pertanian.

“Kalau dibersihkan seperti ini, nantinya irigasi bisa lancar, aliran air saat banjir juga lancar,” imbuhnya.

Sungai sepanjang 1,5 kilometer tersebut, diketahui memang ada banyak tanaman liar. Bahkan tanaman mambu juga cukup banyak, disamping kemudian tanaman pisang.

Kemudian untuk antisipasi pembuangan sampah sembarangan, pihakmya juga mengaku akan membuatkan bank sampah. Sehingga nantinya pembuangan sampah bisa disentralkan.

“Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi warga untuk membuang sampah sembarangan, apalagi disungai. Kami prioritaskan bahwa sungai ini untuk irigasi dan antisipasi banjir,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...