Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Swab Mandiri Dua Kali, Satu Pegawai Kesbangpol Kudus Positif Corona

MURIANEWS, Kudus – Satu pegawai di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus terkonfirmasi positif corona, Sabtu (26/9/2020). Hasil tersebut diketahui setelah satu pegawai melakukan swab mandiri sebanyak dua kali.

Kepala Kantor Kesbangpol Kudus Harso Widodo membenarkan hal tersebut. Harso mengatakan, yang bersangkutan kini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya. “Kami diberitahu pagi ini jika dia positif,”  katanya ketika ditemui awak.

Harso merincikan, yang bersangkatan melakukan swab pertama pada awal pekan lalu. Kemudian menjalani swab kedua pada Rabu pekan ini. Hingga akhirnya diketahui hasil swabnya positif.

“Dia tidak bergejala, sedang isolasi mandiri di rumah,” ucap dia.

Pegawai tersebut, lanjut Harso, juga sudah melakukan isolasi mandiri sejak pelaksanaan swab pertama. Namun memang sempat masuk dan mengikuti rapat pada hari Kamis pekan ini setelah melakukan swab sehari sebelumnya. “Jumat sudah tidak berangkat,” katanya.

Sementara untuk seluruh pegawai Kesbangpol yang lain, lanjut Harso, akan dijadwalkan mengikuti tes swab awal pekan depan. Yakni tanggal 28 dan 29 September 2020 mendatang.

Untuk hal ini, pihaknya pun sudah melakukan pengiriman data. Termasuk di antaranya adalah pegawai outsourcing Diskominfo dan Disdukcapil hingga cleaning service di gedung C. “Kami berkoordinasi dengan DKK terkait ini, untuk Kesbangpol ada 13 orang,” rincinya.

Baca: Pegawai Bagian Hukum Pemkab Kudus Positif Covid-19 Tambah Enam, DKK: Bisa Disebut Klaster Kantor

Atas hal ini, pihaknya pun telah menyampaikan pada atasan dalam hal ini adalah Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Untuk kemudian bisa segera diambil keputusan apakah akan melakukan work from home atau tidak.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, pihaknya masih menelusuri kontak erat pada kasus-kasus baru. “Masih kami telusuri secara mendalam,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya ada tujuh ASN Bagian Hukum Pemkab Kudus yang terkonfirmasi positif corona. Satu di antaranya meninggal dunia dengan penyakit penyerta.

Pemkab Kudus lantas melakukan skrining masal pada para pegawai di Gedung A Setda Kudus, tempat Kantor Bagian Hukum berada.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo tak memungkiri ada klaster kantor Bagian Hukum di pendapa kabupaten. Hingga akhirnya dilakukan uji swab massal pada 93 ASN.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...