Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

COI Pattimura,  Kumpulan Pecinta Mobil Civic Tua yang Jadi Istri Kedua

MURIANEWS, Kudus – Komunitas Civic Oldskool Indonesia (COI) sub Pantai Utara Area Timur dan Muria Raya (Pattimura) jadi wadah para pecinta mobil tua bermerek Honda Civic Deluxe dan Excellent di seputaran Kota Kretek.

Tak hanya sekadar hobi,  sejumlah pecinta mobil-mobil keluaran 1973 sampai 1975 tersebut juga tak segan menyebut mobil tua mereka sebagai istri keduanya. Klub mobil yang sudah berdiri sejak lima tahun lalu tersebut, kini sudah punya ratusan anggota yang tersebar di seputar Pati Raya.

Toya Susanto salah satunya. Penyuka dan pemilik mobil Civic Deluxe itu lebih suka mengibaratkan mobil tuanya bagai istri kedua yang terkadang rewel dan butuh perhatian.

“Tentu sangat sayang pada mobil kebanggan saya. Teman-teman juga berpikiran hal yang sama,” kata dia yang juga sebagai koordinator Pattimura area Kudus.

Toya mengatakan, kecintaannya pada mobil tua tersebut sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Namun memang baru terwujud sekitar tiga tahun belakangan.

“Sudah lama suka, tapi baru ketemu jodohnya sekitar tiga tahun lalu. Saya juga namai mobil saya, Siput alias Si Putih,” ujar dia.

Soal perawatan, Si Siput atau Honda Civic Deluxe kesayangannya tak banyak memakan biaya. Dulu, saat memahar sang istri keduanya pun tak butuh banyak modal.

“Saat ini saja ada yang bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 5 hingga Rp 10 juta saja,” terangnya.

Urusan onderdil mobil juga terbilang masih mudah. Walau memang terkadang langka, tapi banyak relasi yang kerap membantu apabila member membutuhkan bantuan terkait onderdil yang dicari.

“Banyak teman, sehingga tidak terlalu masalah jika membutuhkan, “ ujar dia.

Sehingga ketika para member tengah melakukan kegiatan touring ke luar daerah dan terjadi mogok, maka akan banyak komunitas sub lainnya yang turut membantu.

“Bisa mencarikan onderdil, membantu memperbaiki, hingga menderek mobil ke bengkel terdekat jika alat yang dibawa tidak lengkap,” kata dia.

Sementara berbicara mengenai touring, COI Pattimura sendiri sudah hampir puluhan kali melakukan kopdar dan touring bareng. Baru-baru ini, dan paling jauh, kata dia adalah di Pantai Pangandaran.

“Soal performa mesin tak kalah dari mobil-mobil kini, ada AC-nya juga,” kata dia.

Toya menambahkan, merawat mobil-mobil Civic tua bukan hanya sekadar hobi semata. Tetapi bagaimana pemiliknya belajar bagaimana merawat mobil-mobil yang bisa dibilang khusus.

“Mulai dari belajar tekniknya, merawatnya, belajar sabar jika macet, dan belajar membangun chemistry, ya dengan mobilnya atau dengan para member lainnya sehingga membentuk sebuah keluarga,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...