Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Makodim Jepara Dibangun, Bakal Lebih Megah dengan Lantai Dua

MURIANEWS, Jepara – Markas Kodim (Makodim) 0719/Jepara dipastikan bakal menjadi lebih megah dari sekarang. Pasalnya, markas para prajurit itu tengah dibangun dan bersolek menjadi bangunan berlantai dua.

Sejumlah pekerja mulai menggali lubang pondasi dan kontruksi beton untuk membangun sebuah gedung baru. Lokasi yang dibangun, sebelumnya merupakan lapangan apel bagi para anggota Kodim 0719 Jepara dan lahan parkir.

Komandan Kodim (Dandim) 0719 Jepara, Letnan Kolonel Arm Suhariyanto menyatakan, di markasnya memang tengah dilakukan proses pembangunan.

Karena bangunan yang selama ini ada dinilai sudah tidak representatif maka pada tahun ini pihaknya melakukan pembangunan gedung baru.

Bangunan lama, selain kondisinya sudah mulai rusak, juga dinilai sudah perlu dilakukan pengambangan sehingga bisa mendukung kegiatan dan aktifitas yang ada di Kodim 0719/Jepara.

Menurut Letkol Suharyanto, rencana bangunan Makodim ini akan dibagun dengan bentuk ‘U’ dua lantai. Pada tahun ini, bangunan utama yang berada di sisi barat akan dibangun lebih dulu.

Bangunan ini akan menjadi bangunan utama Makodim 0719. Sedangkan pada tahun berikutnya baru akan dibangun gedung untuk para staf.

“Bangunan lama sudah tidak representatif lagi, sehingga kami usulkan untuk dilakukan pembangunan. Jadi nanti akan ada bangunan berlantai dua menghadap ke timur. Nanti akan dibangun leter U, dengan bangunan utama menghadap ke timur arah Alun-Alun Jepara,” ujar Letkol Suhariyanto, Jumat (25/9/2020).

Dengan rencana itu, maka setelah bangunan utama di sisi barat selesai, bangunan yang saat ini ditempati sebagai Makodim di sisi timur akan dibongkar.

Bangunan yang saat ini menjadi tempat berkantor Komandan Kodim 0719 Jepara, nantinya akan diratakan dan dijadikan sebagai halaman depan dari Makodim 0719 Jepara.

Pembangunan ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tahun ini akan diselesaikan bangunan utama Makodim lebih dulu. Kemudian pada tahun berikutnya akan dibangun gedung untuk para staf di sisi utara dan selatan.

Sehingga pada tahun depan diharapkan bangunan sudah selesai sepenuhnya, dan bisa dimanfaatkan oleh para anggota Kodim 0719 Jepara.

“Untuk anggaran pembangunannya, kami mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara dan anggaran lainnya yang syah. Kami berharap nantinya dengan gedung yang representative, kami bisa lebih baik dalam melaksanakan tugas-tugas kami,” tambah Letkol Suhariyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...