Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Warga Binaan Lapas Pati Jalani Pemeriksaan HIV

MURIANEWS, Pati – Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati menjalani pemeriksana HIV atau voluntary counseling test (VCT) mobile, Jumat (25/9/2020). Hal itu sebagai langkah antisipasi dini terhadap inveksi penyakit mematikan tersebut.

Kasubsi perawatan Lapas Kelas II B Pati Resi Julirinanto mengatakan, pemeriksaan HIV dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dengan kuota 90 orang. Pemeriksaan ini rutin dilakukan agar warga binaan dapat diketahui apabila ada yang mengidap HIV.

“Sejauh ini belum ada yang terinveksi. Kalau ada, kami akan langsung ambil tindakan dan kami koordinasikan dengan pihak terkait,” katanya.

Resi menambahkan, pemeriksaan HIV ini lebih difokuskan ke para tahanan yang baru masuk. Selain itu juga fokus pada narapidana yang tersangkut kasus narkoba dan pelecehan seksual.

Namun demikian untuk mencegah adanya warga binaan yang positif HIV, maka pihaknya tetap melakukan pemeriksaan terhadap narapidana lainnya yang jumlahnya sebanyak 333 orang.

“Ini kan rutin tiga bulan sekali. Kalau permintaan dari DKK hanya 90 orang, kami prioritaskan warga binaan yang baru,” terangnya.

Selain pemeriksaan HIV, warga binaan juga disarankan untuk melakukan donor darah. Namun, tidak semuanya bisa donor darah, lantaran memang harus ada syarat tidak mampunyai penyakit yang menular.

Selain itu, bagi warga binaan yang mengikuti donor darah, juga bisa dimasukkan dalam program remisi maupun asimilasi.

“Ini salah satu bentuk aksi sosial mereka. Selain bermanfaat bagi orang lain karena sudah mendonorkan darah, itu juga bermanfaat bagi dirinya sendiri untuk dapat remisi maupun asimilasi,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...