Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masuknya HP ke Lapas Pati Diduga Libatkan Oknum Petugas

MURIANEWS, Pati – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati hari ini telah memusnahkan 65 handphone (HP) milik warga binaan. Padahal, selama mereka berada dalam tahanan, tidak diperbolehkan untuk membawa alat komunikasi.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Usman mengakui, tak menutup kemungkinan, HP yang masuk ada peran serta oknum petugas. Karena itu, pengawasan akan diperketat. Apalagi, total HP yang ditemukan cukup banyak.

“Kami memang sudah melakukan pengawasan. Kebnayakan (masuknya HP itu) adalah lemparan-lemparan oknum dari luar. Dan mungkin juga ada oknum-oknum dari petugas,” katanya, Kamis (24/9/2020)

Lebih lanjut, dalam penggunannya pun para napi sudah lihai, yakni melihat situasi benar-benar aman. Apabila ada petugas yang datang, HP disembunyikan sehingga petugas tidak tahu keberadannya.

Namun, kondisi demikian justru membuat petugas makin curiga. Kemudian dari petugas pun melakukan pemantauan. Sehingga, dengan waktu yang tidak ditentukan, razia rutin dilakukan.

“Kami punya tim sendiri untuk melakukan pemnatauan itu, kadang melihat cctv dulu. Kan tidak semua kamar ada CCTV, sehingga kami sendiri yang harus jeli dalam melihat apakah napi ini membawa HP atau tidak,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya temuan HP milik napi ini, bisa menjadi peringatan bagi warga binaan yang lain. Bahwa dalam lapas, warga binaan tidak boleh membawa HP.

“Karena itu, pengawasan akan kami perketat. Kami juga sudah melakukan pendekatan persuasif kepada warga binaan agar tidak memasukkan barang-barang yang dilarang dalam Lapas,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...