Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lawan Kotak Kosong, Sri-Totok Dapat Posisi Kanan di Kartu Suara Pilkada Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – KPU Grobogan melaksanakan pengundian tata letak posisi pasangan calon (paslon) peserta pilkada, Kamis (24/9/2020). Tak seperti pilkada di tempat lain yang hari ini melaksanakan pengundian nomor urut, Pilkada Grobogan mengundi tata letak di kartu suara, lantaran hanya diikuti pasangan calon tunggal, sehingga harus melawan kotak/kolom kosong.

Sehari sebelumnya, KPU Grobogan sudah melaksanakan tahapan penetapan Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada 2020.

Dalam pengundian tata letak ini, paslon Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto (Totok) hadir langsung. Mereka berdua datang bersamaan ke kantor KPU tetapi dengan mobil yang berbeda.

Paslon Sri-Totok hanya ditemani beberapa orang timnya saja, tanpa ada pendukung yang ikut mengantar.

Pelaksanaan pengundian tata letak dilangsungkan dalam rapat pleno terbuka di aula kantor KPU Grobogan dengan menerapkan protokol kesehatan. Rapat pleno dipimpin langsung Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Pengambilan bola undian yang ditempatkan dalam toples kaca dilakukan oleh Sri Sumarni. Setelah dibuka, dalam bola terdapat tulisan kanan.

Artinya, paslon Sri-Totok mendapatkan posisi di sebelah kanan dalam surat suara yang akan digunakan dalam Pilkada 9 Desember mendatang.

Alhamdulillah, saya dapat posisi kanan. Terus terang, saya memang berharap dapat posisi kanan,” kata Sri Sumarni.

Komisioner KPU Grobogan Suwiknyo mengatakan, pelaksanaan pengundian di Grobogan ini bukan nomor urut, seperti daerah lainnya. Pasalnya, dalam Pilkada Grobogan hanya terdapat satu paslon saja.

“Sesuai regulasi, kalau hanya satu paslon maka pengundiannya adalah tata letak posisi kanan dan kiri, bukan nomor urut. Untuk pengundian nomor urut dilakukan jika paslonnya lebih dari satu,” jelasnya.

Menurutnya, dengan hasil undian ini maka gambar paslon Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto akan menempati posisi sebelah kanan. Sementara posisi di sebelah kiri ditempati kolom kosong.

Ditambahkan, setelah pengundian tata letak, agenda dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam Pilkada Grobogan 2020.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...