Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembongkaran Tanah Calon City Walk Kudus Hampir Rampung, Pengerjaan Saluran Disegerakan

MURIANEWS, Kudus – Pembangunan City Walk Sunan Kudus kini hampir merampungkan tahap pembongkaran tanah keras di sepanjang Jalan Sunan Kudus. Di sejumlah titik pun nampak alat berat terus melakukan pembongkaran.

Kepala Bidang Tata Bbangunan dan Drainase pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus Apriliana Hidayati mengatakan, untuk setelahnya, tahap pengerjaan akan berfokus pada pengerjaan saluran.

“Spesifiknya adalah perbaikan saluran eksisting yang saat ini kondisinya sudah rusak,” ucap dia via telepon, Kamis (24/9/2020) siang.

Nana menambahkan, selain memperbaiki saluran eksisting, pihaknya juga akan mengerjakan saluran penangkap. Saluran tersebut, bertujuan untuk menangkap limpasan air hujan dari badan jalan dengan menggunakan U-ditch.

“Untuk kemudian dialirkan ke saluran utama. Pembuangan air sendiri akan langsung diarahkan ke pembuangan Kali Gelis,” ujarnya.

Selain pembangunan saluran, pihaknya kini juga tengah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus untuk merelokasi sejumlah pohon.  “Karena sayang jika harus terdampak pembangunan,” jelasnya.

Pembangunan City Walk Sunan Kudus dimulai dari pojok Alun-Alun Simpang tujuh hingga jembatan Kali Gelis. Dengan panjang sekitar 562 meter dengan lebar jalan eksisting rata-rata sekitar 22 meter.

Konsepnya, City Walk Sunan Kudus akan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki. Dilengkapi dengan berbagai ornamen yang menjadi simbol budaya khas Kudus, City Walk Sunan Kudus menjajikan spot foto yang kekinian.

Ditambah dengan keberadaan para PKL, yang berjajar di sepanjang Jalan Sunan Kudus pada malam harinya, City Walk Sunan Kudus akan menjadi magnet wisata baru di Kudus. Hingga menarik wisatawan luar daerah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...