Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tunanetra di Kudus Diajari Mengetik dan Operasikan Komputer 

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kudus menggelar pelatihan mengetik dan mengoperasikan komputer bagi para kaum tuna netra di Kudus, Kamis (24/9/2020). Pelatihan tersebut, sudah berjalan kurang lebih selama dua bulan ini.

Kepala Dinas Arpusda Kudus Masyudi mengatakan, pemberian pelatihan tersebut ditujukan untuk memberi kesempatan tuna netra untuk menambah keahliannya.

“Ini pelatihan rutin untuk teman-teman difabel, ini kebutuhan mereka juga,” ucap Masyudi di sela pemberian materi di Gedung Arpusda.

Sistem pelatihannya sendiri, tutur dia, adalah dengan menggunakan aplikasi buatan rekan Arpusda. Aplikasi tersebut kemudian disesuaikan dengan perangkat komputer milik Arpusda hingga akhirnya bisa digunakan para teman tuna netra untuk belajar.

“Tiap tombolnya dipencet, akan ada suara yang keluar, jika dipencet tombol A, akan keluar suara A,” rincinya.

Dua pendamping pun disiapkan untuk mendampingi para teman tuna netra yang belajar. Sehingga ketika ada kesusahan dan kebingungan dari para peserta, mereka bisa bertanya pada pembimbingnya.

“Kami siapkan dua orang, mereka yang akan memandu dan membimbing teman tuna netra dalam belajar,” lanjutnya.

Sementara untuk saat ini, pihaknya memang membatasi jumlah peserta karena adanya pandemi corona. Kelas tersebut juga dibuka sepekan sekali. Yakni pada hari Kamis saja.

“Kami tetap mempersilahkan teman-teman (tuna netra) untuk belajar, tidak ada syarat dan tidak dipungut biaya,” jelas dia.

Sementara Dery Zulfikri (24), salah satu warga Getas Pejaten mengatakan sudah satu bulan mengikuti pelatihan ini. Pihaknya pun bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini. “Jika keyboardnya dipencet, maka suaranya otomatis keluar,” ucap dia.

Derry mengatakan, walau di awal merasa kesulitan, namun berjalannya waktu dia sudah bisa menulis dengan laptop hingga dua halaman. “Ini sangat membantu sekali dalam menambah kemampuan saya,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...