Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KB Kartini Siapkan Diri Jadi PAUD Unggulan Tingkat Jateng 2025

MURIANEWS, Kudus – Kelompok Belajar (KB) Kartini yang ada di Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus siap mewujudkan visinya untuk menjadi lembaga PAUD unggulan tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2025.

Kepala KB Kartini Rahayu Utami mengatakan, kesiapan tersebut telah dilakukan dengan memberikan pembelajaran terbaik bagi peserta didik dan meningkatkan skill mengajar para guru, menjalin kerja sama dengan orang tua, serta meningkatkan kedisiplinan anak.

“Keikhlasan dalam memberi pengajaran terbaik menjadi modal kami dalam mendidik generasi emas penerus bangsa. Di KB Kartini tidak ada SPP dan uang gedung. Hanya infaq Rp. 2 ribu per-anak. Dan khusus anak yatim kami gratiskan,” katanya.

Kelompok bermain yang berdiri pada tahun 2012 sudah terkenal dalam mencetak peserta didik yang cerdas dan berprestasi. Sehingga tak heran lulusan KB Kartini ini sering menjadi rebutan sekolah-sekolah di jenjang pendidikan di atasnya.

Tak hanya sampai di situ, sekolah yang berada di desa ini tidak kalah kualitasnya dengan yang ada di kota. Terbukti di masa pandemi sekarang ini KB Kartini dipercaya masyarakat untuk mendidik 168 anak dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah.

“Sering juga tempat kami menjadi rujukan untuk studi banding sekolah-sekolah yang di Jateng dan dari Jatim (Jawa Timur). Selain itu, tempat kami juga sering dijadikan tempat magang para mahasiswa dari berbagai universitas,” jelasnya.

KB yang memiliki keunggulan baca tulis Al Quran (BTA) metode Qiroati, ekstrakurikuler (drum band, mewarnai, tahfidz Juz Amma), kelompok ilmiah anak, dan parenting school ini dalam melakukan pembelajaran melalui beragam permainan yang menyenangkan.

Ia mencontohkan untuk pembelajaran kognitif anak diajak bermain menyusun batu-batu kecil hingga menjadi bentuk huruf ataupun angka. Selain itu juga dilakukan pembelajaran sesuai dengan tema dan sub tema yang telah ditentukan.

“Hingga para guru kami minta untuk membuat laporan belajar siswa dan mencatat hasil kreativitas peserta didik serta memajangnya di mading sekolah sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi anak,” terangnya.

Sebagai bahan evaluasi, imbuh Rahayu Utami, pihaknya sering juga menanyakan kualitas lulusan kami pada sekolah-sekolah yang saat ini menerimanya. Ternyata banyak yang menjawab bahwa lulusan KB Kartini banyak yang sering dapat rangking kelas.

Sementara itu, prestasi peserta didik dan guru sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan dapat dipastikan setiap tahun selalu dapat juara baik tingkat kecamatan, kabupaten, hingga tingkat eks-Keresidenan Pati.

Bahkan pada bulan September 2020 ini Rifqi Ardiyanti, S.Pd.I, salah satu guru KB Kartini berhasil mendapat juara 3 Lomba Mendongeng PBG Kabupaten Kudus dalam memperingati HUT ke 75 dengan judul (Aku Bisa Melawan Corona seperti Pahlawan Melawan Penjajah).

“Prinsip kami dalam mengikuti lomba wes kadung melu yo diragati (Sudah terlanjur ikut ya harus total). Ini sering memotivasi hingga dapat mengharumkan Kecamatan Undaan dan Kabupaten Kudus,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa, juara-juara yang pernah diraih peserta didik maupun guru di antaranya Juara III Lomba Mendongeng Tingkat Karesidenan Pati Tahun 2018, Juara I Festival Big Book pendidik, KB, TPA, SPS tingkat Kabupaten Kudus (Rifqi Ardiyanti, S.Pd.I dan Sarirotun Nadlroh S.Pd.I) Tahun 2019, dan juara lainnya.

“Dengan kerja keras dan doa kami yakin visi kami (Pada Tahun 2025 sebagai LPAUD Unggul Tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk Terbinanya Peserta Didik yang Sehat, Cerdas, Beriman, Santun, Unggul dan Islami) bisa terwujud,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...