Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua RSUD Baru di Grobogan Diresmikan Operasionalnya

MURIANEWS, Grobogan – Dua rumah sakit baru yang dibangun Pemkab Grobogan diresmikan pengoperasiannya, Rabu (23/9/2020). Yakni, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ki Ageng Selo yang berada di Kecamatan Wirosari dan RSUD Ki Ageng Getas Pendowo di Kecamatan Gubug.

Peresmian dilakukan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni dengan melakukan penandatanganan prasasti yang dipusatkan di RSUD Ki Ageng Selo.

Bupati Sri Sumarni mengungkapkan, pembangunan dua RSUD baru tipe D itu diperlukan mengingat luasnya wilayah Grobogan.

Di mana, dengan wilayah yang luas namun RSUD yang dimiliki hanya ada satu di Purwodadi dan kondisi ini dirasa belum bisa memenuhi pelayanan masyarakat di bidang kesehatan. Untuk itulah, dibangun dua rumah sakit di wilayah Grobogan timur dan barat.

Dijelaskan, biaya pembangunan dua rumah sakit tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Grobogan. Adapun besarnya anggaran pembangunan hampir mencapai Rp 60 miliar.

Untuk pembangunan RSUD Ki Ageng Selo pada tahap pertama tahun 2018 dianggarkan Rp 23,76 miliar dan tahap kedua tahun 2019 sebesar Rp 15 miliar. Rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas sekitar empat hektare.

Sementara, RSUD Ki Ageng Getas Pendowo dibangun dengan meningkatkan status Puskesmas Gubug I menjadi rumah sakit. Adapun anggaran pembangunannya sebesar Rp 10 miliar pada tahap pertama tahun 2019 dan untuk tahap dua sebesar Rp 8 miliar.

”Pembangunan dua rumah sakit itu menjadi prioritas kami untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dengan resmi beroperasi, kami harap warga Grobogan di wilayah timur dan barat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik,” kata Sri pada wartawan.

Sebelum diresmikan pengoperasiannya hari ini, kedua fasilitas kesehatan baru itu sudah difungsikan sebagai rumah sakit darurat Covid-19. Saat ini masih ada beberapa pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...