Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polda Jateng Panen Lele di Jepara, Hasilnya Sampai 2,5 Ton

MURIANEWS, Jepara – Polda Jawa Tengah melakukan panen raya ikan lele yang dikembangkan Serikat Pekerja Nasional (SPN) di PT Huwang Seung Indonesia, Jepara. Pengembangan tersebut merupakan Program Padat Karya Budidaya Perikanan Polda Jawa Tengah yang digeber dalam upaya mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Hasilnya, sebanyak 2,5 ton ikan lele berhasil dipanen pada Acara Panen Perdana yang berlangsung di Desa Gedangan, Welahan, Jepara, Rabu (23/9/2020).

Wadir Intelkam Polda Jawa Tengah AKBP Priyanto Priyo Utomo hadir dalam kegiatan ini mewakili Kapolda Jawa Tengah. Selain itu juga hadir sejumlah pejabat termasuk Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Dalam kesempata ini AKBP Priyanto Priyo Utomo mengaku gembira karena bantuan dan pembinaan dari Polda Jawa Tengah membuahkan hasil pada panen perdana. Pihaknya berharap panen perdana ini bisa menjadi awal keberhasilan dari para pekerja yang harus menghadapi dampak Covid-19.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, Polda Jawa Tengah juga berusaha membantu masyarakat yang menghadapi masalah ekonomi karena dampak pandemi yang terjadi.

Berbagai program yang dilaksanakan Polda Jawa Tengah, bentuknya ada yang berupa bantuan langsung, juga berupa program padat karya. Salah satu program padat karya adalah memberikan bantuan bibit lele, kepada masyarakat. Di antaranya kepada SPN di PT HWI yang ada di Jepara.

“Untuk bantuan padat karya ini, Polda Jateng tidak sekedar memberikan bantuan. Mereka yang ditunjuk ini juga dibina oleh ahli agar usaha yang dikembangkan berjalan sesuai harapan. Kami berharap, dengan program ini masyarakat tetap berada dalam situasi yang baik. Sehingga keamanan dan  ketertiban masyarakat dapat terus terwujud,” ujar AKBP Priyanto Priyo Utomo).

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah Sutarjo menyatakan sangat bersyukur karena kelompok pekerja di Jepara mampu menjalankan budidaya perikanan ini.

Selain itu mereka juga bisa cepat belajar di bawah bimbingan ahli yang disediakan oleh Polda Jwa Tengah dalam kegiatan pengembangan usaha ini.

Sebelumnya pada Juli 2020 lalu, sebanyak 16 ribu bibit lele, diterima pihaknya dari Polda Jawa Tengah. Selanjutnta bantuan bibit leler tersebut kemudian dikembangkan hingga akhirnya memiliki nilai ekonomis lebih tinggi. Panen Perdana ini merupakan sebuah hasil dari upaya serius yang dilakukan oleh para pekerjad dibawa SPN.

“Usaha ini akan dikembangkan oleh anggota SPN di rumah para anggotanya masing-masing. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka. Kami berterima kasih kepada Polda Jawa Tengah atas program padat karya yang melibatkan kami,” ujar Sutarjo, dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...