Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

57 Orang Kontak Erat Guru SMKN Kalinyamat Jepara Diswab, Hasil Laborat Belum Keluar

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 57 orang yang berasal dari guru, karyawan, dan kaluarga yang terjaring dalam daftar kontak erat pasien di-swab, Selasa (24/9/2020) kemarin. Swab sendiri dilakukan di sekolah setempat oleh Satgas Penanganan Covid-19 Jepara.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Muh Ali mengatakan pemeriksaan swab massal tersebut merupakan bagian dari upaya penanganan yang dilakukan pihaknya.

Pemeriksaan dilakukan terhadap semua guru dan karyawan yang merupakan rekan kerja almarhum. Selain itu juga ada beberapa kontak erat almarhum dari kalangan keluarga dan tetangganya.

“Total ada 57 orang. Mereka bersedia dan berhasil diambil sample swab-nya, yang selanjutnya akan dicek di laboratorium. Namun sampai hari ini, hasil dari sample swab tersebut belum diketahui. Belum ada hasil,” ujar Muh Ali, Rabu (23/9/2020).

Muh Ali juga menyatakan, hasil swab yang belum ada dikarenakan masih dalam proses di laboratorium. Meskipun RSUD Kartini Jepara sudah memiliki alat PCR yang bisa digunakan untuk mengecek sample swab dalam waktu cepat. Hanya, hasil swab dari swab massal tersebut belum semuanya selesai diperiksa.

Menurutnya, proses tersebut membutuhkan waktu satu dua hari, mengingat saat ini alat PCR di RSUD Kartini Jepara, juga digunakan untuk melayani pemeriksaan sample dari luar daerah. Pihaknya menyatakan akan segera menyampaikan hasilnya, jika memang sudah ada.

Ia pun mengakui saat ini upaya penanganan Covid-19 di Jepara mendapatkan tantangan terkait dengan pemeriksaan swab. Banyak masyarakat yang menolak saat diminta untuk melakukan swab, dalam kaitan penanganan.

“Situasinya memang seperti itu. Jadi kadang ada anggota masyarakat  yang menolak dilakukan swab, meskipun sebenarnya dari tracing yang dilakukan harus dilakukan swab. Masalah ini yang saat ini harus kami hadapi,” imbuhnya.

Sementara itu, Satgas Covid 19 dalam kesempatan terakhir, Selasa (22/9/2020) malam menyampaikan adanya penambahan kasus terkonfirmasi covid 19. Kasus-kasus tersebut terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Jepara. Sampai Rabu (23/9/2020) secara keseluruhan sudah ada 1.625 kasus yang terjadi di Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...