Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengganti Imam Zusdi Ghozali di DPRD Jepara Sudah Ditentukan, Ini Sosoknya

MURIANEWS, Jepara – Teka teki calon pengganti Imam Zusdi Ghozali yang meninggal karena Covid-19 di DPRD Jepara mulai terjawab. DPC PPP Jepara diketahui sudah menunjuk Mohammad Adib untuk menggantikan almarhum di kursi parlemen.

Hanya saja, pergantian kali ini masih sebatas anggota Fraksi DPP DPRD Jepara. Sementara terkait posisi sebagai Ketua DPRD Jepara masih menunggu internal parta berlambang kabah tersebut.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie mengaku telah menindaklanjuti surat penggantian antarwaktu (PAW) dari DPRD Kabupaten Jepara bertanggal 9 September 2020 untuk anggota DPRD Jepara dari PPP. Pengajuan ini disampaikan setelah  Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia pada 1 Agustus 2020.

”KPU Jepara sudah membahas hal ini melalui Rapat Pleno. Di antaranya membahas kelengkapan dokumen pendukung proses PAW,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (23/9/2020).

Ia menjelaskan, sesuai Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Jepara, yang mendapatkan peringkat suara sah terbanyak (sebagai pengganti antarwaktu) adalah Mohammad Adib.

KPU Jepara juga sudah memverifikasinya ke DPC PPP dengan berkirim surat, terkait status Mohamad Adib yang diajukan sebagai pengganti.

“Sepekan lalu kami sudah mendapatkan mendapatkan balasan surat dari PPP yang menyatakan Mohammad Adib masih berstatus sebagai anggota PPP dan ditunjukkan dengan kartu anggota PPP. Ini merupakan bagian dari langkah kehati-hatian kami untuk memastikan calon PAW masih berstatus sebagai anggota partai politik yang terkait,” ujarnya.

Mohamad Adib sendiri dipastikan merupakan calon dengan perolehan terbanyak ke-3 di Dapil III Jepara (Keling-Kembang-Donorojo) di Pemilu Legeslatif 209 lalu. Namanya berada di bawah Imam Zusdi Ghozali dan Niam.

Di Dapil III sendiri PPP mendapatkan dua kursi di DPRD Jepara untuk Imam Zusdi Ghozali dan Niam. Karene ada yang meninggal maka Mohamad Adib yang berada diurutan berikutnya berhak menggantikan, Imam Zusdi Ghizali yang meninggal.

”Setelah memastikan bahwa calon pengganti atas nama Mohamad Adib telah diverifikasi, KPU Jepara, menyampaikan nama calon pengganti antarwaktu kepada pimpinan DPRD Kabupaten Jepara pada Senin (14/9/2020),” ungkapnya.

Proses ini akan dilanjutkan Sekwan DPRD Jepara, untuk mengajukan ke Gubernur Jawa Tengah, melalui Bupati Jepara.

“Ini merupakan pengajuan PAW ketiga yang diproses KPU, untuk hasil pemilu 2019. Sebelumnya anggota DPRD Jepara dari Partai Golkar dapil empat Japar meninggal dunia digantikan Muhammad Soleh, serta Yunita Tri Harini dari Dapil I yang meninggal dunia dan digantikan Jumar,” tambah Subchan Zuhrie.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...