Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Orang Tua Jadi Kunci Sukses Pendidikan di Masa Pandemi

MURIANEWS, Kudus – Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan webinar dengan Central BicolState University of Agriculture (CBSUA) Filipina, Rabu (23/9/2020). Dalam webinar tersebut membahas tentang pendidikan di masa pandemi.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMK Dr Ahmad Hilal Madjdi mengatakan adanya pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang tidak siap dengan berbagai aktivitas, termasuk dalam dunia pendidikan.

”Dunia Pendidikan berubah, sehingga orang tua harus tanggap dalam menghadapinya,” katanya.

Karena adanya pandemi, kebiasaan belajar jadi berubah. Yang dulunya konvensional, sekarang memanfaatkan teknologi yang ada dan dilakukan di rumah. Oleh sebab itu, orang tua harus terjun langsung, intensitasnya harus ditambah dibanding sebelumnya.

“Orang tua harus menyadari bahwa dirinya sebagai pendidik utama yang bisa melakukan seperti yang guru lakukan. Misalnya, membuat nyaman dan mengontrol anak belajar, hingga mengapresiasi pekerjaan rumah anaknya,” ujarnya.

Ia mencontohkan jika di sekolah salah satu ukuran sukses belajar adalah dengan nilai, maka saat pandemi konsep sukses belajar di rumah harus diubah tidak serta merta harus dengan pemberian nilai.

“Masa pandemi, sekolah juga harus memberikan izin kepada orang tua untuk menggunakan fasilitas sekolah. Dan bisa meyakinkan orang tua bahwa pandemi ini akan berakhir,” jelasnya.

Sementara itu, Narasumber dari CBSUA Filipina Dr. Cherry Love B. Montales mengungkapkan, untuk suksesnya pembelajaran di masa pandemi orang tua memang harus memahami bahwa dirinya adalah pendidik utama selain guru. ”Itu awal yang harus dijadikan pegangan terlebuh dahulu,” imbuhnya.

Kemudian membangun program yang bisa membuat jalinan relasi antara sekolah dan orang tua agar semakin kuat. Sehingga proses pendidikan bisa berjalan maksimal dengan ikatan relasi yang sudab terjalin dengan baik.

“Peran orang tua sangatlah penting dan harus memberikan dukungan penuh kepada anak. Artinya, bukan berarti orang tua mengerjakan tugas anak, namun orang tua memberikan semangat belajar dan meyakinkan anaknya bisa mengerjakan tugas dengan mandiri dan orang tua hanya mendampingu,” ucapnya.

Ketua KUI UMK Mutohhar menjelaskan, webinar kali ini salah satu tindak lanjut kerja sama yang sudah dilakukan. Di masa sebelum pandemi, biasanya program pertukaran dosen dilakukan secara langsung, dosen UMK mengajar di CBSUA dan sebaliknya. Namun, saat pandemi, kerjasama memang harus dilakukan secara online.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...