Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penetapan Pasangan Calon Pilkada Grobogan Bakal Dilakukan Tertutup

MURIANEWS, Grobogan – KPU Grobogan bakal melaksanakan tahapan Pilkada pada Rabu (23/9/2020) besok. Yakni, tahapan penetapan pasangan calon.

Dalam tahapan penetapan pasangan calon ini berbeda dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya. Di mana, bakal pasangan calon (Bapaslon) yang akan ditetapkan menjadi paslon dan massa pendukungnya diimbau untuk tidak hadir di kantor KPU Grobogan.

Komisioner KPU Grobogan Suwiknyo mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020, untuk penetapan pasangan calon dilakukan dengan cara pleno tertutup. Oleh sebab itu, tidak ada bapaslon maupun massa pendukung yang masuk ke kantor KPU.

Penetapan paslon dalam rapat pleno tertutup tersebut dilakukan terkait protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Khususnya dalam hal mengindari terjadinya kerumunan massa.

Setelah pleno tertutup penetapan pasangan calon selesai dilakukan, KPU Grobogan akan menyampaikan hasilnya pada publik. Yakni melalui papan pengumuman dan media sosial.

“Selanjutnya, bakal pasangan calon dan partai politik pengusung, serta Bawaslu akan diberikan salinan keputusan rapat pleno penetapan pasangan calon,” jelas Suwiknyo, Selasa (22/9/2020).

Wiknyo mengatakan, untuk pengundian nomor urut dan tata letak bakal pasangan calon dilaksanakan pada Kamis tanggal 24 September 2020. Pelaksanaannya dilakukan melalui rapat pleno terbuka tetapi dengan syarat protokol kesehatan ketat.

Dalam pelaksanaan pengundian nanti akan dihadiri bakal pasangan calon, partai politik pengusul, Bawaslu Grobogan, tokoh masyarakat serta media atau pers. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tetap melakukan protokol kesehatan.

Dalam Pilkada Grobogan tahun ini hanya diikuti satu pasangan calon yakni Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto (Totok). Pasangan ini diusung semua parpol yang mempunyai kursi di DPRD Grobogan.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...