Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren! Bank Sampah Sukobubuk Pati Ini Olah Sampah Rumah Tangga untuk Budidaya Maggot

MURIANEWS, Pati – Banyaknya sampah rumah tangga di Desa Sukobubuk, Kecamatan Margorejo, Pati ternyata menjadi berkah tersendiri bagi para pengelola Bank Sampah Muda Karya desa setempat.

Sampah-sampah yang tersebut berhasil diolah dan dijadikan media budidaya Maggot atau larva lalat Black Soldier Fly. Bukan tanpa alasan, selain menghasilkan nilai ekonomi, Maggot ini juga mampu memakan sampah organik secara lebih cepat.

Kepala Desa Sokobubuk, Kecamatan Margorejo Saman mengatakan, awalnya memang para pemuda berpikir untuk mengurangi limbah rumah tangga. Kemudian mereka membuat bank sampah untuk kemudian dipilah antara sampah organik dan nonorganik.

Setelah berjalan, kemudian pengelola bank sampah berinisiatif untuk membudidayakan Maggot. Hal itu agar proses penguraian sampah organik bisa lebih cepat. Selain itu, Maggot yang sudah besar juga bisa dijual.

Ulat Maggot hasil budidaya Bank Sampah Desa Sukobubuk Pati siap dijual. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

“Kemudian kami banyak belajar untuk budidaya Maggot ini dan hasilnya sudah lumayan. Setiap sampah organik yang datang ke bank sampah, langsung kami sajikan untuk Maggot,” katanya, Selasa (22/9/2020).

Saman menambahkan, Maggot yang tumbuh besar akan dijual kepada pembudidaya ikan maupun ayam. Untuk mencari pembeli Maggot, dirinya mengaku cukup mudah.

“Kalau pembeli, banyak. Bahkan terkadang kami masih kekurangan untuk mencukupi kebutuhan pembeli itu,” imbuhnya.

Maggot sendiri memang sering kali digunakan sebagai satu pakan alternatif untuk ikan maupun ayam. Saat ini, kebutuhan Maggot sangat besar seiring banyaknya pembudidaya ikan yang beralih dari pakan trembel ke Maggot.

Keunggulan Maggot sendiri di antaranya karena mengandung protein tinggi dan berkualitas yang dibutuhkan oleh ikan. Selain itu, tingkat pertumbuhan ikan jiga akan sangat cepat.

“Dari Maggot ini, kami dapat mengambil manfaatnya sebagai pengolahan sampah organik yang biasanya banyak diproduksi oleh rumah tangga. Dengan diolah menjadi Maggot, sampah akan menghilang dan di saat yang sama akan menjadi makanan untuk ikan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...