Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Blora Launching Aplikasi QRIS, untuk Bayar Pajak Daerah dan PBB

MURIANEWS, Blora – Pemkab Blora me-launching aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia bersama Bank Jateng untuk transaksi pembayaan pajak daerah dan PBB P2, Senin (21/9/2020).

Launching dilakukan Bupati Djoko Nugroho di pendapa rumah dinasnya dengan dihadiri Kepala OPD terkait, para camat dan kalangan perbankan.

Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi pelaksanaan launching aplikasi QRIS pajak daerah dan PBB P2 di Kabupaten Blora yang dirangkai dengan penukaran uang pecahan khusus (UPK) Rp 75.000.

Menurut Djoko, jika ada daerah yang mendeklarasikan diri sebagai wilayah bebas korupsi tetapi belum menerapkan aplikasi QRIS ini maka belum ada apa-apanya.

“Dengan adanya QRIS ini, maka transaksi keuangan di Kabupaten Blora semakin berkualitas. Terimakasih untuk semuanya,” tambah Bupati.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Digital Banking Bank Jateng Rahadi Widayanto menyampaikan, pemberlakuan QRIS dalam aktivitas pemerintahan akan berdampak positif pada pola transaksi publik pada masa mendatang.

“QRIS merupakan bentuk transaksi nontunai tanpa kartu sehingga bisa meminimalisir potensi sampah plastik, dan ramah lingkungan. QRIS juga menghindari kontak langsung pembeli dan penjual dalam proses transaksi sehingga sangat cocok saat pandemi seperti ini,” terangnya.

Harapannya dengan adanya QRIS, transaksi pembayaran bisa lebih efisien atau murah, inklusi keuangan di Indonesia lebih cepat, UMKM bisa lebih maju, dan pada akhirnya bisa dorong pertumbuhan ekonomi.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Andry Prasmuko mengatakan, QRIS adalah salah satu alternative pembayaran non-tunai,” kata Andry.

Menurutnya QRIS ini unggul, dalam artian universal, yakni QRIS bersifat inklusif, digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dan bisa digunakan buat transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...