Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Ada Festival atau Karnaval, HUT Kudus Tahun Ini Digelar Sederhana

MURIANEWS, Kudus – Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kudus yang ke-471 akan jatuh pada Rabu (23/9/2020 lusa. Peringatan akan digelar secara sederhana dan terbatas, karena pandemi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang terdapat beberapa rangkaian acara besar seperti karnaval, festival, hingga pertunjukkan seni. Namun, karena saat ini masa pandemi, kegiatan tersebut tidak bisa diselenggaran.

Dalam peringatannya, hanya akan ada tiga kegiatan saja. Kasi Seni Tradisi dan Bahasa (Sentradasa) pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Agus Susanto mengatakan, tiga kegiatan sederhana akan di selenggarakan mulai Selasa (22/9/2020) hingga (23/9/20020).

“Yakni khotmil Quran, apel, dan ziarah ke Makam Sunan Kudus,” kata pria yang juga menjadi Pelaksana Harian (Plh) Kabid Kebudayaan tersebut, Senin (21/9/2020) sore.

Ia menjelaskan, di hari Selasa (22/9/2020) besok, khotmil Quran dimulai pukul 15.00 WIB, akan diikuti berbagai peserta mulai dari kepala OPD, pejabat Disbudpar dan staf ASN yang ditunjuk, kiai dan juga santri.

“Khotmil Quran diselenggarakan di Pendapa Kabupaten Kudus. Tepat pada HUT Kabupaten Kudus Rabu (23/9/2020) pagi dilaksanakan apel pagi sekitar pukul 06.30 WIB dan pesertanya membawa pakaian adat Kudusan,” terangnya.

Dan kegiatan terakhir Kamis (24/9/2020) yakni ziarah dan tahlil di Makam Sunan Kudus. ” Di hari terakhir juga melibatkan pengurus Yayasan Menara Kudus. Tiap kegiatan jumlah pesertanya sama 45 orang,” imbuhnya.

Selain melaksanakan rangkaian kegiatan, pihaknya juga menghimbau agar semua instansi pemerintah dan swasta memasang baliho ucapan HUT Kudus.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo menuturkan, dalam Peringatan HUT Kudus pihaknya mengusung tema Kudus Bersinergi.

“Tema Kudus Bersinergi punya makna mendalam. Bagaimana kita semua bergotong royong dan berjuang agar Kudus bangkit melawan Covid-19,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...