Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Persiku Bakal Dikucuri Dana Lagi, Plt Bupati Pastikan Soal Utang Manajemen Lama Sudah Rampung

MURIANEWS, Kudus – Skuad Macan Muria Persiku Kudus bakal mendapat kucuran dana lagi dari pemerintah daerah. Dana itu akan dialokasikan melalui Perubahan APBD Kudus 2020.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, untuk jumlah pasti dana yang akan dikucurkan, akan menunggu rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kudus.

“Ini nanti baru banggar, jumlahnya berapa belum tahu,” katanya, Senin (21/9/2020) siang.

Hartopo menyebut, Persiku Kudus sebenarnya sudah dikucuri dana sebesar Rp 2 miliar. Dengan rincian Rp 300 juta untuk Persiku Junior dan Rp 1,7 miliar untuk Persiku Kudus.

“Namun memang baru dicairkan sekitar Rp 400 juta saja,” ujarnya.

Persiku sendiri, kata dia, sempat terjadi kesalahpahaman dengan Askab PSSI terkait pencairan anggaran. Hal tersebut karena adanya utang manajemen lama yang harus segera dibayar.

“Memang kemarin ada utang dana talangan, saat itu karena anggarannya kurang,” terangnya.

Walau demikian, pihaknya memastikan urusan utang dana talangan tersebut sudah rampung. Pihak manajemen lama, manajemen baru, Askab, hingga KONI Kudus pun diminta untuk duduk bersama. “Kekurangannya akan diselesaikan di perubahan (APBD) ini,” jelas dia.

Persiku sendiri, kini kembali mendapat sontekan dana sebesar Rp 500 juta untuk mempersiapkan tim guna mengarungi Liga 3 Jawa Tengah 2020.

Baca: Dana Persiku 2020 Diduga Habis untuk Bayar Utang Manajemen Lama

Jumlah tersebut, berasal dari pencairan dana operasional di termin kedua oleh Askab PSSI Kudus. Setelah sebelumnya manajemen telah melaporkan penggunaan anggaran pada termin pertama.

“Untuk operasional tim dan keperluan latihan serta vitamin para atlet,” ucap Manajer Persiku Kudus Sunarto.

Walau demikian, jika berkaca dari penggunaan anggaran pada termin pertama, Narto mengatakan jumlah tersebut hanya mampu membiayai tim hingga beberapa bulan ke depan saja.

Oleh karenanya, pihaknya berharap Pemkab Kudus kembali memberi sontekan dana segar di APBD perubahan ini. Karena menurutnya, sesuai patokan, Liga 3 Jawa Tengah 2020 akan dihelat pada November 2020 mendatang.

“Kami percaya pada para pemangku kebijakan. Ini salah satu progam yang akan dimajukan, kami harap benar-benar bisa diperhatikan karena Persiku ini milik masyarakat Kudus,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...